Didesain Ridwan Kamil, Masjid Raya Islamic Center Surabaya Diresmikan, Gubernur Jatim: Saya Kagum

- 19 Maret 2023, 13:40 WIB
Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur Desain Ridwan Kamil
Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur Desain Ridwan Kamil /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diresmikan di Kota Surabaya, Sabtu 18 Maret 2023.

Dalam peresmian ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan alasan memilih Ridwan Kamil menjadi desainer Masjid Raya Islamic Center Jatim.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, selain karena Ridwan Kamil sebagai seorang arsitek, juga melihat rekam jejak Gubernur Jabar itu yang sukses mendesain banyak masjid di Indonesia dan luar negeri, salah satunya di Palestina.

Baca Juga: 13 Masjid Terindah di Indonesia yang Bisa Bikin Tenang dan Nyaman Saat Beribadah

"Saya melihat rekam jejak Kang Emil sebagai arsitek mendesain beberapa masjid di Tanah Air seperti di Makassar dan Sumatera Barat serta luar negeri seperti di Gaza, Palestina. Saya kagum dengan karya Kang Emil," kata Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, Ridwan Kamil yang tidak dapat hadir langsung dalam peresmian masjid raya ini menyampaikan pesan video kepada masyarakat Jatim.

Selain itu, Kang Emil juga menyatakan keberadaan Masjid Raya Islamic Center yang didesain olehnya ini menjadi salah satu bukti keeratan persaudaraan masyarakat Jawa Barat dan Jatim.

Baca Juga: Bakal Punya Pasar Bazar, Ridwan Kamil Prediksi Masjid Al Jabbar Jadi Lokasi Ngabuburit Favorit

"Saya merasa bahagia dan bergembira dengan diresmikannya Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur. Saya juga merasa terhormat bisa membantu mendesain masjid ini sebagai bukti eratnya persaudaraan masyarakat Jawa Barat dan Jawa Timur," ungkap Gubernur Jabar.

Kang Emil berharap masjid raya tersebut besar manfaatnya bagi masyarakat Jawa Timur sebagai sarana dakwah.

Menurutnya, Masjid Raya Islamic Center didesain berdasarkan permintaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang memintanya pada 2021 lalu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Perlihatkan Progres Pembanguan Masjid Syeikh Azlin di Gaza Palestina yang Sudah 50 Persen

"Saya langsung menerima permintaan itu dan menyurvei ke lokasi bersama Ibu Khofifah, kemudian membuat desainnya selama kurang lebih dua bulan hingga akhirnya saat ini bisa terwujud,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x