Guru SMK Cirebon Blak-blakan Berani Komen ‘Maneh’ di IG Karena Anggap Ridwan Kamil Mudah Akrab

- 16 Maret 2023, 14:20 WIB
Kolase foto RIdwan Kamil dan Sabil, guru yang dipecat usai kritik Gubernur Jabar.
Kolase foto RIdwan Kamil dan Sabil, guru yang dipecat usai kritik Gubernur Jabar. /Antara/Indrianto Eko Suwarso dan Khaerul Izan/

PRFMNEWS – Seorang guru pria di salah satu SMK di Kota Cirebon, Muhammad Sabil Fadhilah (34) membeberkan alasan berani menuliskan komentar dengan kata ‘maneh’ di Instagram (IG) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Alasan guru di SMK Cirebon yang dipecat karena berani menuliskan kritik di IG Ridwan Kamil dengan kata Sunda ‘maneh’ karena menganggap Gubernur sosok yang mudah akrab.

Kendati demikian, guru honorer di Cirebon ini mengakui salah sudah berkomentar di IG Ridwan Kamil dengan kalimat yang berkonotasi kasar terhadap orang lebih tua hingga akhirnya dipecat dari sekolah tempat dia mengajar.

Baca Juga: Pemkab Bandung Bantu Kepolisian Jaga Kondusifitas Ramadhan hingga Selesai Lebaran: Anggaran, SDM dan Fasilitas

Sabil menyadari penggunaan kata ‘maneh’ dalam Bahasa Sunda memang kurang sopan, meski ia berpendapat Ridwan Kamil adalah orang yang humble apalagi setiap tampil di televisi maupun medsos sering menganggap kalau perkataan netizen itu biasa saja.

"Saya tahu saya salah menggunakan kata 'maneh', karena di dalam bahasa Sunda ada tingkatannya, dan kata 'maneh' menempati urutan kedua. Karena yang saya tahu Ridwan Kamil mudah akrab, apalagi ketika tampil di televisi," kata Sabil, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Kamis 16 Maret 2023.

Sabil pun menegaskan dirinya memang benar mendapat surat pemberhentian dari yayasan tempat dirinya mengajar dengan alasan sudah berkomentar tidak etis kepada Ridwan Kamil.

"Saya memang sudah dipecat, tapi di sini (surat) bertuliskan pengakhiran hubungan kerja, ini dikarenakan komentar saya di IG Gubernur Ridwan Kamil," ungkapnya.

Baca Juga: Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Belum Berubah, Begini Ketentuannya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x