Kabar Duka: Sultan Sepuh XIV Keraton Cirebon Meninggal Dunia

- 22 Juli 2020, 14:41 WIB
 Foto Alm Sultan Sepuh XIV Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat.
Foto Alm Sultan Sepuh XIV Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat. /Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi


PRFMNEWS - Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Arief Natadiningrat meninggal dunia, Rabu 22 Juli 2020 pukul 05.00 WIB.

Dilansir PRFMNews.id dari ANTARA, Sultan Sepuh  XIV Keraton Cirebon meninggal karena penyakit kanker usus setelah sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Santosa Bandung.

"Tiga hari kemarin keadaan menurun karena sakit kanker usus, bahkan sempat tidak sadarkan diri," ujar adik Sultan Sepuh  XIV Keraton Cirebon Ratu Raja (RR) Alexandra Wuryaningrat di Cirebon, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Soal Pembubaran Lembaga Negara, Mardani: Kami Minta Rincian Mitigasinya

RR Alexandra mengatakan Sultan Sepuh  XIV Keraton Cirebon pada Selasa (21/7/2020) sempat tidak sadarkan diri dan meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Santosa Bandung. Almarhum sudah beberapa hari menjalani perawatan itu rumah sakit itu.

Saat ini, lanjut RR Alexandra, jenazah Sultan Sepuh XIV Keraton  Cirebon telah berada di Keraton Kasepuhan Cirebon dan dimakamkan setelah shalat Dzuhur.

"Pemakaman sehabis shalat dzuhur di Gunung Sembung Astana Gunung Jati," katanya.

Beberapa postingan terakhir dari almarhum di Facebook antara lain pada empat hari yang lalu berjudul ‘Kasultanan Kasepuhan Cirebon kiprahnya dalam pendidikan’ dan ‘Anugerah Adiputra Budaya’.

Sultan mengungkap pada tahun 1991 mendirikan SMK Kesenian Pakungwati dalam upaya melakukan kaderisasi seniman dan melestarikan kesenian khas Cirebon.

"Sudah 25 angkatan alumni dan telah melahirkan seniman berijazah SMK, ada yang meneruskan S1 dan S2," katanya.

Sultan juga menulis, pada tahun 2006, Kesultanan Kasepuhan mendirikan Pondok Pesantren Amparan Jati yang melahirkan para penghafal Al Quran. Pada tahun yang sama pula mendirikan SMK Caruban Nagari dengan jurusan otomotif yang telah meluluskan 11 angkatan.

Baca Juga: Bandung Jadi Zona Oranye Covid-19, Oded: Harus Jadi Spirit Untuk Jauh Lebih Keras Bekerja

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x