Uu Ruzhanul Imbau Kepala Daerah Beri Perhatian Lebih untuk Sektor Pertanian

- 30 Januari 2023, 15:40 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum /


PRFMNEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengaku prihatin dengan kondisi lahan persawahan di Jabar yang mulai tergerus pembangunan dan industri.

Padahal, dari 1,1 juta hektar lahan sawah yang ada saat ini telah memberikan andil kepada Jawa Barat sebagai provinsi penyumbang beras terbesar kedua di Indonesia.

Maka dari itu, Uu menilai, kondisi lahan pertanian perlu perhatian lebih. Pasalnya, sektor pertanian saat ini juga menghadapi kendala yang serius. Komoditi beras yang menjadi makanan pokok di Jawa Barat ini merupakan bahan pangan utama yang harus diprioritaskan keberadaannya.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Ajak Warga Pesisir Cegah Abrasi dengan Tanam Mangrove

Uu mengimbau kepala daerah di Jawa Barat agar memprioritaskan sektor pertanian dengan membuat Perda soal sawah abadi dan jangan terlalu memberi keleluasaan untuk mengalihfungsikan lahan sawah jadi bangunan atau pabrik.

"Saya minta kepada bupati dan walikota harus ada Perda sawah abadi dan jangan terlalu memberikan keleluasaan untuk mengalih fungsikan sawah menjadi banguanan atau menjadi pabrik," kata Uu dalam keterangannya, Senin 30 Januari 2023.

Baca Juga: Wagub Uu Ruzhanul Ulum Ingatkan Warga Bahwa Menikah Harus di Usia yang Diperbolehkan Negara dan Agama

Menurunya, saat ini sektor pertanian menghadapi kendala yang cukup kompleks, di antaranya generasi petani yang tidak ada regenerasi. Banyak anakmuda yang lebih tertarik menjadi karyawan perusahaan ketimbang menjadi petani.

Kendala lainnya adalah faktor musim yang sangat sulit untuk diprediksi sehingga memengaruhi waktu tanam, dan keterbatasan teknologi yang diterapkan oleh mayoritas petani saat ini.

Baca Juga: Ramai Kasus Keracunan Ciki Ngebul, Uu Ruzhanul Cek Pabrik Jajanan Anak

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x