Pemprov Jabar Ditetapkan Sebagai Instansi dengan Keamanan Siber Terbaik

- 6 Desember 2022, 21:45 WIB
Ilustrasi keamanan siber
Ilustrasi keamanan siber /ANTARA/Shutterstock/am./


PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyabet penghargaan sebagai instansi pemerintah daerah yang memiliki nilai kematangan keamanan siber terbaik tahun 2022 dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Penilaian tingkat maturitas Pemda Provinsi Jabar dilakukan oleh BSSN pada 18 dan 19 Oktober 2022 dengan menggunakan Tools Cyber Security Maturity.

Tools ini merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengukur kematangan keamanan siber di organisasi.

Baca Juga: Gandeng Perusahaan Teknologi Korea, Yana Mulyana Perkuat Keamanan Siber di Kota Bandung

Adapun ruang lingkup yang dinilai adalah pemetaan aspek penanganan insiden yang meliputi aspek tata kelola, aspek identifikasi, aspek proteksi, aspek detek, dan aspek respons.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah menyebut, keamanan siber telah menjadi perhatian Pemprov Jabar.

"Keamanan siber menjadi perhatian Pemprov Jabar dengan menerapkan SMKI ISO/SNI 27001:2013, membentuk CSIRT dan aktif melakukan diseminasi dan kolaborasi dengan semua pihak," tutur Ika.

Baca Juga: Pakar Keamanan Siber Beri Tips Soal Bahaya Fitur Add Yours Instagram

Setiap tahun, BSSN melakukan penilaian pengukuran kematangan keamanan siber kepada instansi di pemerintah daerah dan instansi pusat untuk mengetahui tingkat maturitas keamanan siber di masing-masing instansi.

Dengan adanya tingkat maturitas ini, diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai apa yang harus menjadi tindak lanjut, baik oleh stakeholder maupun BSSN untuk meningkatkan maturitas keamanan siber.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x