Secapa AD Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19, Anggota DPR: TNI Memiliki Risiko Tinggi Terpapar

- 9 Juli 2020, 22:01 WIB
Ilustrasi Covid-19.**
Ilustrasi Covid-19.** /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung menjadi klaster baru penyebaran virus Corona (Covid-19).

Total sebanyak 1.262 orang yang terdiri dari siswa dan tenaga pelatih dilaporkan terpapar virus Corona.

Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan prihatin dengan kejadian tersebut.

Menurutnya, anggota TNI AD memiliki risiko tinggi terpapar virus Corona.

Pasalnya TNI AD memiliki program yaitu menjaga aspek ketahanan nasional dalam menghadapi Covid-19, dengan menerjunkan anggotanya untuk mendisiplinkan masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

"TNI men-deploy (menyebarkan) banyak anggota untuk menjadi bagian dari penerapan kedisiplinan AKB. Mobilitas TNI sangat tinggi, jadi risiko ini memang bagian dari pekerjaan," kata Farhan saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 9 Juli 2020.

Baca Juga: Pemerintah dan DPR Hapus Pasal Investasi Asing dari RUU Ciptaker

Farhan mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan TNI AD yang terbuka dan transparan terkait informasi penularan Covid-19.

"Dengan demikian kita bisa sama-sama saling jaga, karena ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi dengan adanya AKB," katanya.

Dikatakannya ada dua hal yang harus segera dilakukan pemerintah. Pertama mengisolasi mereka yang terpapar agar tidak ada penularan ke luar.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi Sebut Wilayah Zona Hijau Covid-19 Belum Tentu Aman dari Penularan

Kedua, melakukan penelusuran orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Tracing (penelusuran) kontak boleh dilakukan tertutup karena jangan sampai timbul kepanikan. Tapi harus terbuka di antara para pemangku kepentingan masalah penanganan Covid baik Dinkes, pemda, maupun TNI AD. Kerjasama di antara mereka bisa memberikan solusi terutama dalam pengumpulan data untuk kontak tracing," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x