Ribuan UMKM Terdampak COVID-19, Pemerintah Provinsi Jabar Beli 10 Juta Masker

- 7 Juli 2020, 21:19 WIB
Penggunaan Masker.
Penggunaan Masker. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Untuk membantu para pelaku bangkir kembali setelah dihantam krisis akibat COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membeli 10 juta masker produk UMKM.

Pembelian masker UMKM ini dibagi dua tahap. Tahap pertama masker yang dibeli sebanyak 2 juta masker dari 200 UMKM. Dari 200 UMKM itu Pemda Provinsi Jabar memesan masing – masing 10.000 masker dengan nilai pengadaan Rp50 juta per UMKM.

“Tahap pertama ini sudah dilakukan. Masker sudah didistribusikan ke lembaga, dinas, pasar, pesantren dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Siswa Secapa AD Dikabarkan Positif Covid-19, Pemkot Bandung Masih Tunggu Konfirmasi Pejabat Terkait

Dilansir PRFMNews.id dari siaran pers Humas Pemprov Jabar pada tahap kedua, Pemda Prov Jabar akan memesan 8 juta masker dari sekitar 400-500 UMKM. Namun, pada tahap kedua ini skala pabrikan juga dilibatkan untuk memenuhi kapasitas produksi dan spesifikasi yang berbeda.

“Spesifikasi kita ubah dari masker ke bentuk scuba (selam) agar lebih kekinian dan diminati generasi muda. Kita lihat masyarakat juga mulai lupa memakai masker,” kata Kusmana.

Respons UMKM, kata dia atas stimulus ekonomi ini cukup positif. “Tanggapan dari UMKM bagus ya. Minimal tukang jahit tertolong, produksi bangkit lagi, yang kerja juga tertolong dan ada keuntungan,” katanya.

Lebih lanjut Kusmana berharap digitalisasi UMKM yang saat ini sedang tumbuh dapat semakin membantu para pelaku untuk bangkit dari keterpurukan. Data Dinas KUK, jumlah UMKM yang sudah terdigitalisasi saat ini sudah ada di angka 20 persen meningkat dari sebelumnya hanya 13 persen.

“Digitalisasi UMKM ini akan kami lanjutkan,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x