Pemprov Pastikan Penyaluran Bansos Akan Lebih Baik di Setiap Tahapnya

- 7 Juli 2020, 18:16 WIB
Proses penyerahan bantuan secara simbolis yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (15/4/2020).* HUMAS JABAR
Proses penyerahan bantuan secara simbolis yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (15/4/2020).* HUMAS JABAR /

PRFMNEWS - Banyak bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan kepada warga di tengah pandemi covid-19. Salah satu bantuan adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Kini, bansos dari Pemprov Jabar tahap 2 akan mulai disalurkan kepada warga yang terdata sebagai penerima bantuan dari Pemprov Jabar mulai 8 Juli 2020.

"Khusus untuk Jawa Barat kurang lebih (penerima) yang telah ditetapkan di fase pertama penyaluran ada sekitar 445 ribu dari data yang DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial). Jadi data DTKS ini data dari kementerian sosial yang seharusnya selalu di-update oleh kabupaten/kota," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (7/7/2020).

 

Baca Juga: Warga Pangandaran Sumringah Saat Rombongan IPOBA Kunjungi Pangandaran

Diklaim Setiawan, penyaluran bansos dari Pemprov Jabar ini merupakan yang tercepat di Indonesia. Bahkan, bantuan dari Pemprov Jabar ini sudah lebih dulu dibagikan sebelum bantuan dari pemerintah pusat dibagikan.

"Dalan penyaluran bansos yang pertama ini Jawa Barat yang pertama di Indonesia, bahkan lebih cepat dari pemerintah pusat, sehingga kami menggunakan data DTKS," ucapnya.

Dari 445 ribu data penerima, bantuan yang tersalurkan hanya 262 ribu paket bantuan. Hal ini terjadi karena adanya ketidak update-an data warga pada DTKS.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x