Update Gempa Bumi Cianjur, Humas Polda Sebut 2.834 Bangunan Rusak

- 23 November 2022, 17:10 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

 

PRFMNEWS - Polda Jabar meyampaikan update terbaru terkait bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur

Update terbaru yang disampaikan oleh Polda Jabar, menyebutkan, 1.120 kepala keluarga dengan total 5.465 jiwa mengungsi serta 2.834 kerusakan bangunan.

Selain itu terdapat kerusakan fasilitas umum yang terdata ada dua jembatan, dua ruko, empat gedung, enam kantor, lima fasilitas kesehatan, lima fasilitas ibadah, 13 fasilitas pendidikan, dan tiga gardu PLN.

Baca Juga: JQR Ungkap Bantuan yang Sangat Dibutuhkan Korban Gempa Cianjur

Untuk wilayah terdampak bencana gempa bumi di Cianjur totalnya mencapai 11 Kecamatan diantaranya Kecamatan Cugenang, Cianjur, Warungkondang, Cilaku, Sukaresmi, Pacet, Cianjur Wetan, Karang Tengah, Gekbrong, Cibeber dan Kecamatan Sukaluyu.

Sejumlah anggota pun diturunkan untuk memberikan bantuan yakni dari Brimob berjumlah 685 personel.

"Mereka membantu evakuasi korban Gempa bersama BPBD (Bantuan SAR terbatas), menyiapkan dapur umum dan toilet darurat dan memberikan bantuan sembako kepada korban bencana alam," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Ibrahim Tompo, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Instagram Humas Polda Jabar pada Rabu 23 November 2022.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Buka Akses Daerah Terisolasi Akibat Gempa Cianjur

Dari Dit Samapta Polda Jabar 157 personel diterjunkan untuk membantu mendirikan tenda posko di halaman parkir IBC (ikan bakar cianjur) desa cugenang Kab. Cianjur.

"Anggota pamat dan K9 menuju TKP longsoran untuk melakukan penyisiran korban dengan berkoordinasi dengan BPBD (Bantuan SAR terbatas). Mengevakuasi korban tertimpa bangunan rumah pasca bencana alam," katanya.

Kemudian 3 tim trauma healing, 8 tim dari K9 Dit Samapta Polda Jabar serta 5 tim kesehatan ikut membantu korban gempa bumi Cianjur.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Buka Akses Daerah Terisolasi Akibat Gempa Cianjur

Selanjutnya guna memenuhi kebutuhan konsumsi telah disediakan dapur lapangan yang disebar di 3 lokasi dimana masing - masing dapat membuat 3000 porsi makanan.

Dari Korps Brimob, 500 personel membantu evakuasi korban gempa bersama BPBD dan memberikan bantuan sembako kepada korban bencana alam.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x