Tips Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Saat Berada di Pengungsian, Dipaparkan Dinkes Jabar

- 22 November 2022, 21:50 WIB
Begini Ungkapan Hati Sejumlah Korban Gempa Cianjur
Begini Ungkapan Hati Sejumlah Korban Gempa Cianjur /BPMI

 

PRFMNEWS – Indonesia saat ini tengah berduka dikarenakan gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang mengakibatkan ratusan korban jiwa dan korban luka.

Setelah gempa tersebut, banyak keluarga yang harus tinggal sementara di posko pengungsian dikarenakan kediamannya tak bisa ditinggali ataupun khawatir gempa susulan.

Pemerintah bersama para relawan saat ini telah mengirimkan tim rescue, tim medis dan juga tim logistik untuk membantu para korban. Meski begitu, masyarakat yang berada di pengungsian tetap harus memperhatikan kesehatan fisik dan juga mental agar tetap dalam kondisi yang prima.

Baca Juga: Begini Ungkapan Hati Sejumlah Korban Gempa Cianjur Saat Ditemui Presiden Jokowi di Lokasi Pengungsian

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Jawa Barat memberikan tips menjaga kesehatan untuk masyarakat yang berada di pengungsian diantaranya:

1. Jaga kebersihan tubuh

Saat berada di area pengungsian tetap harus menjaga kebersihan tubuh. Gunakan air dan sabun yang disediakan untuk membersihkan diri. Serta ganti pakaian agar tidak muncul jamur dan bakteri terutama di area intim.

2. Cuci tangan secara rutin

Kebersihan tangan merupakan bagian yang penting untuk mencegah terjadinya penularan virus ataupun bakteri. Sehingga, penghuni pengungsian diharapkan agar memperhatikan kebersihan tangannya dengan mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah dari kamar mandi dan setelah memegang benda asing.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x