Ridwan Kamil Instruksikan Tidak Ada Lagi Warga Terluka yang Tidak Mendapatkan Pelayanan RS

- 22 November 2022, 14:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan di Pendopo Cianjur terkait dampak gempa, Senin 21 November 2022.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan di Pendopo Cianjur terkait dampak gempa, Senin 21 November 2022. /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menginstruksikan agar dalam penanganan bencana gempa bumi di Cianjur jangan sampai ada lagi warga yang alami luka-luka, terlantar, dan tidak mendapatkan pelayanan rumah sakit.

Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 magnitudo di Cianjur terjadi pada Senin 21 November 2022 kemarin.

Akibat gempa bumi banyak merenggut korban jiwa, hingga menimbulkan daya rusak yang luar biasa.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Tak Naik Helikopter Menuju Lokasi Terdampak Gempa Cianjur Hari ini

Selain merenggut korban jiwa, banyak juga korban luka-luka, pengungsi, kerusakan ribuan bangunan, terputusnya jàringan PDAM, listrik, juga jalan dan jembatan di sejumlah titik.

"Saya minta jangan sampai ada warga luka-luka yang terlantar di pinggir-pinggir jalan. Mereka supaya diupayakan bisa mendapat perawatan di rumah sakit. Ini perlu diatur," kata Ridwan Kamil, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Laman Resmi Pemprov Jabar pada Selasa 22 November 2022.

Kang Emil sapaan akrabnya meminta jika memang rumah sakit di Cianjur tidak dapat menampung karena keterbatasan, dan jumlah korban luka terlalu banyak bisa dialihkan ke rumah sakit di Sukabumi, Bandung, dan Cimahi.

Baca Juga: Ridwan Kamil: 88 Kali Getaran Dirasakan, Korban Jiwa Terus Bertambah Akibat Gempa Cianjur

"Jika memang karena keterbatasan rumah-rumah sakit di Cianjur tak memungkinkan karena jumlah luka-luka terlalu banyak, saya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit di Sukabumi, Bandung, dan Cimahi untuk bisa menangani," tuturnya.

Kemudian dalam mengantisipasi dampak dari gempa bumi di Cianjur, rumah sakit darurat juga akan dibuka di lingkungan Pendopo Kabupaten Cianjur.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x