Pemprov Jabar Mudahkan Pembuatan NIB Bagi UMK Lewat Kegiatan Gebyar NIB

- 22 November 2022, 10:00 WIB
Acara Gebyar NIB yang digelar Pemprov Jabar.
Acara Gebyar NIB yang digelar Pemprov Jabar. /DPMPTSP Jabar

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) bekerjasama dengan Migas Utama Jabar dan Bank BJB mengadakan kegiatan Gebyar Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung hari ini Selasa, 22 November 2022.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan 1.000 NIB secara langsung kepada pelaku usaha yang hadir. Kegiatan Gebyar NIB tidak hanya berlokasi di Kota Bandung, tetapi secara serentak dilakukan di Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat. Gebyar NIB kali ini merupakan kick off dari seluruh rangkaian kegiatan Gebyar NIB yang dilakukan oleh Dinas PMPTSP Jabar.

Kegiatan Gebyar NIB sudah dimulai sejak awal tahun 2022 yang diawali dengan roadshow yang dilakukan oleh Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat ke 7 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, sampai dengan 15 November 2022, sudah 511.000 NIB bagi pelaku usaha UMK yang telah diterbitkan melalui aplikasi online single submission (OSS).

Baca Juga: Pemain Persib Eriyanto Mengaku Keluarganya di Kampung Halaman Tak Terdampak Gempa Cianjur

Kegiatan fasilitasi pembuatan NIB bagi para pelaku UMK tidak hanya dilakukan oleh Dinas PMPTSP Jabar tetapi juga oleh seluruh Dinas PMPTSP di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Dalam melakukan Gebyar NIB ini, Dinas PMPTSP Jabar melakukan kolaborasi dengan berbagai institusi baik itu perbankan, BUMN/BUMD, asosiasi ataupun dinas terkait yang memiliki UMK atau UMKM binaan.

Dinas PMPTSP Jabar akan terus melakukan sosisalisasi dan memfasilitasi para pelaku UMK untuk memiliki NIB, karena berdasarkan data saat ini terdapat 7,5 juta pelaku UMK di Jabar dan yang baru memiliki NIB hanya sekitar 7%.

Pemprov Jabar menargetkan akan menerbitkan 1 juta NIB bagi para pelaku UMK di tahun 2023 yang tentunya didukung oleh Pemerintah di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Baca Juga: Ingin Liga Segera Dimulai Lagi, Luis Milla: Semua Pemain Persib Siap Tanding Meski Jadwal Dipadatkan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x