Bank Indonesia Sosialisasikan Program Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah

- 16 November 2022, 18:00 WIB
Pejabat Bank Indonesia (BI), Tri Septiadi saat menjelaskan tentang perbedaan pecahan uang kertas dari sisi ukuran panjang, saat sosialisasi di Grand Asrilia Bandung Rabu, 16 November 2022.
Pejabat Bank Indonesia (BI), Tri Septiadi saat menjelaskan tentang perbedaan pecahan uang kertas dari sisi ukuran panjang, saat sosialisasi di Grand Asrilia Bandung Rabu, 16 November 2022. /Rifki Abdul Fahmi/prfmnews

PRFMNEWS - Bank Indonesia (BI) Jawa Barat melakukan sosialisasi program Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Rabu 16 November 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para wartawan yang baru saja menyelesaikan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut Bank Indonesia Jawa Barat menghadirkan dua narasumber dari tim pengelola uang rupiah BI Jabar yaitu Andri Dwijaya dan Tri Septiadi.

Andri Dwijaya menyampaikan pentingnya masyarakat dalam mencintai, bangga dan memahami uang rupiah sebagai mata uang di Indonesia.

Baca Juga: Masyarakat Diajak untuk Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah

Misalnya dalam mencintai uang rupiah maka bentuk nyata adalah dengan mengenali pecahan rupiah dari mulai warna hingga makna yang ada dalam pecahan rupiah.

Kemudian bisa menjaga uang dengan baik yaitu menggunakan metode 5J.

"5J itu jangan dicoret, jangan dilipat,jangan disteples karena akan merusak, jangan dibasahi dan yang terkahir jangan diremas," kata Andri.

Cinta Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan Masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah