K.H Ahmad Sanusi Dianugerahi Pahlawan Nasional, Ridwan Kamil: Bahagia Sekali

- 8 November 2022, 13:20 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat dampingi keluarga K.H Ahmad Sanusi pada penobatan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin kemarin.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat dampingi keluarga K.H Ahmad Sanusi pada penobatan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin kemarin. /Humas Jabar/


PRFMNEWS - Salah seorang tokoh dari Jawa Barat, yaitu K.H Ahmad Sanusi dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada Senin 7 November 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merasa bangga karena ada tokoh Jawa Barat yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Pemerintah Pusat.

"Kami bahagia sekali karena setelah sekian tahun kita gak ada pahlawan nasional dari Jawa Barat," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, Selasa 8 november 2022.

Baca Juga: 5 Tokoh Berjasa ini Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Salah satunya dari Jabar

Ia mengenal K.H Ahmad Sanusi dari sejarah sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha - Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, dan pendiri Persatuan Umat Islam.

Ahmad Sanusi yang terkenal dengan ciri khas kiai berpeci hitam ini adalah seorang ulama besar yang lahir pada 18 September 1889 di Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Alasan pemerintah menganugerahi pahlawan nasional kepada K.H Ahmad Sanusi karena almarhum merupakan salah satu anggota BPUPKI yang belum mendapat gelar pahlawan nasional. Beliau juga tokoh Islam yang memperjuangkan dasar negara dan menghasilkan lahirnya negara Pancasila.

Baca Juga: Free Download 20 Link Twibbon Hari Pahlawan 10 November 2022, dengan Desain yang Keren

Selain itu, K.H Ahmad Sanusi dipilih berdasarkan usulan masyarakat yang dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI.

Gubernur Ridwan Kamil sendiri turut mendampingi keluarga almarhum K.H Ahmad Sanusi pada penobatan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x