Sempat Capai Rp45 Ribu Perkilogram, Harga Daging Ayam Berangsur Turun

- 22 Juni 2020, 12:23 WIB
Pedagang ayam potong di pasar Ciamis.*
Pedagang ayam potong di pasar Ciamis.* /Dok pikiran rakyat

PRFMNEWS - Di beberapa daerah, kini harga daging ayam potong mengalami kenaikan harga. Bahkan, harga daging ayam potong sempat mencapai Rp45 ribu perkilogramnya. Menurut Kabid Perunggasan Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional (APPETRA) Jawa Barat, Dikdik Drajat, harga daging ayam potong ini mengalami kenaikan karena berkurangnya pasokan imbas dari banyaknya pengusaha yang mengalami gulung tikar di tengah pandemi.

"Ini kenaikan hampir di seluruh Indonesia. Ini mengalami kenaikan sejak setelah leberan, jadi harganya lebih tinggi dari lebaran," kata Dikdik saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (22/6/2020).

Dikatakan Dikdik, karena pandemi covid-19, banyak pengusaha ayam yang gulung tikar. Ketika banyaknya pengusaha yang gulung tikar, permintaan masih cukup banyak sehingga mengakibatkan harga menjadi naik.

Baca Juga: PPDB Jalur Afirmasi, Laporan yang Masuk KPAI Didominasi Permasalahan Teknis

Namun demikian, mulai pekan ini, harga daging ayam mulai kembali stabil. Kini harga ayam hidup di peternak mencapai Rp19 ribu perkilogramnya, dan harga ini merupakan harga yang normal.

"Minggu lalu sempat Rp45 ribu, jadi setelah lebaran naik terus. Tapi sekarang sudah turun, sekarang sudah normal harga ayam di tingkat peternak itu Rp19 ribu itu sudah normal lagi," jelasnya.

Baca Juga: BMKG Sebut Bandung Mulai Masuki Kemarau

Menurut Dikdik, harga ayam menjadi stabil karena banyaknya perusahaan peternakan ayam yang mendistribusikan daging ayam.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x