Garut Punya Kampung Cuanki, Sehari Bisa Kirim Ratusan Ribu Produk ke Provinsi Lain hingga Luar Negeri

- 18 September 2022, 21:00 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Kampung Cuanki, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat 17 September 2022.
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Kampung Cuanki, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat 17 September 2022. /Humas Jabar

PRFMNEWS – Kampung Cuanki di Garut diresmikan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum pada Jumat, 16 September 2022.

Lokasi Kampung Cuanki ini berada di Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Cuanki, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Hingga kini, Kampung Cuanki di Garut ini menaungi 45 pelaku usaha cuanki rumahan.

Baca Juga: Kabar Duka: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Ketua Pos UKK Cuanki Tata Suparta menceritakan tradisi jualan cuanki di kampungnya.

Menurutnya, cuanki merupakan kuliner dari China yang masuk ke kampungnya. Oleh warga setempat, cuanki kemudian diartikan sebagai 'Cari Uang Berjalan Kaki'.

Tata menuturkan, setiap hari Kampung Cuanki mampu memproduksi 125.000 cuanki dengan jumlah pekerja 255 orang dan telah mengirim cuanki ke provinsi lain di Indonesia bahkan luar negeri.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Mie Kocok yang Enak di Bandung, Kacida Raosna

Melalui peresmian oleh Pemprov Jabar, Tata berharap ada akses permodalan untuk lebih mengembangkan bisnis cuanki yang berasal dari kampungnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x