Pahlawan Desa Bantu Pemasaran Produk UMKM Jabar, Unggah Foto Langsung Terkoneksi ke e-Commerce Ternama

- 13 Juli 2022, 21:30 WIB
Inovasi Pemprov Jabar, Website Pahlawan Desa untuk perkuat BUMDes.
Inovasi Pemprov Jabar, Website Pahlawan Desa untuk perkuat BUMDes. /Pahlawan Desa

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) luncurkan website ‘Pahlawan Desa’ untuk bantu para pelaku UMKM lokal memasarkan produk-produknya hingga ke e-commerce ternama di Indonesia.

Website Pahlawan Desa (https://pahlawandesa.id/) menjadi wadah pemasaran produk-produk UMKM lokal yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama di wilayah Jabar.

Website Pahlawan Desa ini hasil kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar, University of Twente dari Belanda, serta perusahaan IT Indonesia, PT Kognitif Skema Indonesia.

Pahlawan Desa berfungsi sebagai media transaksi bertemunya broker, badan usaha sebagai pengumpul penjual produk yang terkoneksi dengan platform pihak ketiga, seperti e-commerce, aplikasi pembiayaan usaha, dan sebagainya.

Baca Juga: Kolesterol Susah Turun, 7 Makanan Alami Ini Wajib Dicoba Bagi Penderita Kolesterol, Ini Kata dr. Ema

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah menuturkan, di website ini, pengguna hanya perlu mengunggah foto produknya sebanyak satu kali.

Setelah itu, produk secara otomatis akan tersebar di e-commerce mitra website Pahlawan Desa, di antaranya Shopee dan Tokopedia.

"Saat ini, website Pahlawan Desa juga sedang dalam proses integrasi dengan Lazada dan JD.id," ujar Ika, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulisnya.

Ika menambahkan, upaya sosialisasi untuk mendukung penggunaan website Pahlawan Desa kepada BUMDes telah dilakukan, termasuk bimbingan teknis.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x