Update 11 Fakta Sebelum Eril Hilang di Sungai Aare Swiss, Sempat Teriak saat Terseret Arus Deras

- 28 Mei 2022, 20:40 WIB
Elpi Nazmuzzaman bersama Akhmad Taufiqurrachman (Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat) saat menyebut Eril sempt berteriak "help" hingga mengecek keamanan Sungai Aaree, Bern, Swiss.
Elpi Nazmuzzaman bersama Akhmad Taufiqurrachman (Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat) saat menyebut Eril sempt berteriak "help" hingga mengecek keamanan Sungai Aaree, Bern, Swiss. /Mediajawatimur/Aimmatul Husna/Konferensi Pers

PRFMNEWS - Kabar terbaru berupa sebelas fakta sebelum Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dinyatakan hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss diungkap pihak keluarga Ridwan Kamil dan Duta Besar RI untuk Swiss.

Update sebelas fakta ini antara lain, Eril sempat minta tolong sebelum terseret arus sungai, batas waktu pencarian putra sulung Ridwan Kamil itu oleh Tim SAR Gabungan Swiss, hingga kasus orang hilang di Sungai Aare bukan kali pertama terjadi.

Deretan fakta terkait hilangnya Eril ini dikutip prfmnews.id dari akun Twitter Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang merupakan pernyataan dari paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, dan Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad saat konferensi pers virtual hari ini Sabtu, 28 Mei 2022.

Fakta pertama, menurut Elpi, Eril ternyata sempat berteriak ‘help’ sesaat sebelum ia terseret arus deras Sungai Aare Swiss. Warga setempat yang mendengar teriakan minta tolong itu langsung melapor ke polisi.

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat dengan 3 Tips Mudah Ini, Nomor 2 Berpeluang Pahala

Kedua, imbuhnya, sebelum berenang, Eril sempat memastikan titik mana yang aman untuk berenang. Ia juga mengatur siapa yang boleh turun ke sungai dan dilarang. Itu menjadi bentuk tanggung jawab keponakannya tersebut kepada adik dan temannya.

Ketiga, saat kejadian, Eril bersama dengan adik serta temannya yang sudah lama tinggal di Swiss. Selain itu, di lokasi juga ada warga lain yang berenang karena memang Sungai Aare adalah salah satu lokasi wisata primadona di Bern.

Keempat, Muliaman mengatakan, KBRI Bern menerima kabar hilangnya Eril di Sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022 sekira pukul 11.22 waktu Swiss. Menurutnya, kejadian terjadi pukul 09.40 waktu Swiss.

Kelima, lanjutnya, sesaat setelah terima laporan itu, KBRI langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian Swiss dan pemerintah setempat membentuk Tim SAR Gabungan terdiri dari polisi, polisi medis, polisi sungai, dan petugas pemadam kebakaran. Pencarian pun langsung dilakukan hingga malam hari.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x