Desa Wisata Kampung Tajur Purwakarta Raih Penghargaan Kemenparekraf, Angkat Keunikan dan Kearifan Lokal

- 27 Maret 2022, 21:10 WIB
Salah satu rumah di Kampung Tajur Purwakarta
Salah satu rumah di Kampung Tajur Purwakarta /KarawangPost/Diskominfo Purwakarta

PRFMNEWS – Desa wisata Kampung Tajur, Pasanggrahan, Bojong, Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kampung Tajur Purwakarta yang dikenal dengan Desa Wisata Kampung Tajur ini mendapatkan penghargaan sebagai 100 Besar Desa Wisata Terbaik Tingkat Nasional dan Desa Binaan Kemenparekraf RI pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Baca Juga: Bantuan Pemerintah Usaha Pariwisata dari Kemenparekraf Berakhir 26 November, Berikut Cara Daftarnya

"Tentu ini menjadi hal yang membanggakan. Untuk itu saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap jajaran pemerintahan dan warga Desa Pasanggrahan serta pengelola pariwisata di wilayah ini," katanya dikutip prfmnews.id dari siaran pers di laman Pemkab Purwakarta, Minggu 27 Maret 2022.

Anne menjelaskan, ada dua piagam yang diberikan Kemenparekraf, yakni penghargaan kepada Pemerintahan Desa Pasanggrahan dan kepada pengelola wisata desa.

"Kita ketahui bersama bahwa Desa Pasanggrahan mempunyai wisata unggulan yang berbasis budaya atau kearifan lokal," ucapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bocorkan Desain Indah Pusat Pariwisata Waduk Jatigede Sumedang, Ada Menara Kujang Sapasang

Daya tarik wisata Kampung Tajur, tutur Anne, seperti wisata alam, budaya dan wisata buatan dalam satu kawasan tertentu, dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya.

"Semuanya terintegrasi untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal sebagai pariwisata," paparnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x