Ini Daftar Kegiatan yang Bisa Berjalan saat New Normal di Sumedang

- 3 Juni 2020, 06:24 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat persiapan penyemprotan disinfektan massal, Sabtu (21/3/2020).
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat persiapan penyemprotan disinfektan massal, Sabtu (21/3/2020). /Instagram @dony_ahmad_munir

BANDUNG, (PRFM) – Beberapa aktivitas di Kabupaten Sumedang mulai bisa beroperasi secara bertahap saat pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), mulai Selasa 2 Juni 2020.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pemberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal ditujukan agar masyarakat dapat tetap produktif di saat pandemi Covid-19. Di saat bersamaan, dalam AKB kesehatan masyarakat pun harus terjamin.

“Pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal bertujuan agar kita bisa beraktivitas dan tetap produktif namun aman dari Covid-19. Waspada terhadap Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sehingga virus corona terkendali, jumlah kasus dan sebarannya menurun,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga: Liga 1 dan Liga 2 Bakal Berjalan Tanpa Sistem Degradasi, Eko Maung: Ga Kompetitif

Adapun sedikitnya ada 18 aktivitas yang mulai bisa beroperasi namun dilakukan secara bertahap. Kecuali untuk kegiatan pendidikan yang masih difokuskan lewat daring.

“Untuk kegiatan sekolah, perpustakaan, salon, spa dan barber shop belum bisa buka sampai ada ketentuan lebih lanjut. Kegiatan sekolah menggunakan metode online dengan belajar di rumah,” ungkapnya.

Saat melakukan aktivitas di luar rumah itu harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lembaga atau unit kerja di setiap aktivitas, lanjut Dony, harus memiliki standar opersional prosedur (SOP), sarana prasana serta Satgas Covid untuk menunjang protokol kesehatan berjalan.

Baca Juga: Dimulai September, Tidak Ada Sistem Degradasi Liga 1 dan Liga 2 Musim Ini

Menurutnya, kebiasaan baru memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak menghindari kerumunan, selalu cuci tangan memakai sabun/hand sanitizer harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Begitu juga dengan pola hidup sehat dan bersih, makan minum yang sehat dan bergizi serta olahraga teratur harus menjadi kebiasaan dan kebutuhan.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X