Dishub Jabar Prediksi 30 dan 31 Mei Jadi Puncak Lonjakan Kendaraan

- 30 Mei 2020, 09:01 WIB
Di H-3 hari raya Idulfitri, Kamis (21/5/2020) lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cileunyi terpantau lancar cenderung lengang.* BUDI SATRIA/PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jabar Hery Antasari secara umum lalu lintas saat arus balik di sejumlah ruas jalan di Jawa Barat cenderung landai.

Hal itu menurutnya karena edukasi dan peraturan yang ditetapkan sudah lebih ketat. Ia memprediksi Sabtu dan Minggu (30-31/5/2020) akan ada lonjakan kendaraan yang melintasi wilayah Jawa Barat.

“Mungkin pengumuman dan edukasi terkait dengan persyaratan untuk masuk ke Jabodetabek yang sudah mulai meluas kemana-mana yang masih berniat untuk melakukan arus balik ini sudah mulai berpikir,” kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu (30/5/2020).

Baca Juga: Langgar PSBB, Satpol PP Bubarkan Pengunjung Kafe di Jalan Riau

Terkait dengan pendengara yang memaksa pulang dari kampung halamannya, Hery menyebut pihaknya telah mengantisipasi hal itu. Pasalnya, kerap kali ada pebalik yang menunggu di wilayah Jawa Barat untuk menghindari adanya pemeriksaan petugas di cek poin.

“Mereka (pebalik-red) ada yang kembali, ada yang mungkin menunggu, ada yang menyesuaikan mencari celah dan sebagainya. Itu semua sudah disekat oleh kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Menteri PANRB Terbitkan Surat Edaran ASN Hadapi New Normal

Terkait dengan new normal, Hery menyebut sektor transportasi sebelum menghadapi pandemi Covid-19 pun sudah menerapkan nilai-nilai new normal. Di antaranya, mengatur kapasitas penumpang, menyediakan tempat sampah, dan lain sebagainya.

“Untuk sektor transportasi saya kira sejak sebelum kita menghadapi pandemi pun nilai value new normal, di luar dari sisi kesehatan, masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Sesungguhnya banyak hal yang sudah diinisiasi,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X