Ombudsman Jabar Kritik Pelayanan Pos Indonesia Saat Salurkan Bansos

- 22 Mei 2020, 07:45 WIB
WAKIL Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat melepas distribusi bantuan sosial (bansos) Provinsi Jabar untuk masyarakat Kabupaten Garut di Kantor Pos Garut, Selasa 12 Mei 2020.
WAKIL Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat melepas distribusi bantuan sosial (bansos) Provinsi Jabar untuk masyarakat Kabupaten Garut di Kantor Pos Garut, Selasa 12 Mei 2020. /Dok. HUMAS PEMPROV JABAR/

BANDUNG, (PRFM) – Ombudsman Jawa Barat mengkritik keras pelayanan PT. Pos Indonesia saat menyalurkan bantuan sosial (bansos) di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman Jawa Barat, Fitry Agustine mengatakan salah satu yang terlihat di lapangan adalah ketidaksiapan PT. Pos Indonesia dalam menyambut warga yang berhak menerima bantuan.

Salah satu Kantor Pos di Kota Bandung, lanjutnya, didapati ada warga dari tiga kelurahan yang berkumpul. Sehingga penumpukan dan antrean tidak dapat terhindarkan, mulai dari pagi hingga sore hari.

Baca Juga: Aturan Naik Pesawat Komersil pada Masa PSBB

“Terlihat penumpukan masyarkat di Kantor Pos, salah satunya di Jalan Jakarta, ini terlihat sekali tidak ditetapkan social distancing. Banyak masyarakat yang menumpuk, antreannya hingga berdempetan,” paparnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Kamis (21/5/2020).

Bahkan menurutnya, para penerima bansos mendapat informasi untuk mengambil haknya di Kantor Pos secara mendadak. Akibatnya, mereka tidak memiliki cukup waktu untuk bersiap.

“Kami melakukan pemantauannya secara tertutup, kami lakukan dengan wawancara dengan penerima bantuan. Ternyata, mereka pada saat menerima bantuan saat mendapat informasi ini (menerima hak bantuan-red) mendadak,” tutur Fitry.

Baca Juga: Sebabkan Kerumunan Warga, Manajemen Waroeng Sidqah Batalkan Penjualan Sembako Murah

Selain itu, surat undangan yang diterima masyarakat pun tidak menyebutkan secara rinci apa saja protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Menurut Fitry, masyarakat hanya diminta untuk memakai masker saja.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x