Dampak Wabah Covid-19, 25 Ribu Karyawan Hotel Dirumahkan

- 8 April 2020, 13:38 WIB
ILUSTRASI hotel berbintang.* /PIXABAY

BANDUNG,(PRFM) - Sebanyak 575 hotel di wilayah Jawa Barat terpaksa merumahkan 25 ribu karyawannya akibat wabah virus korona atau Covid-19.

Okupansi yang hanya mencapai 5 sampai 15 persen dari kondisi normal 50 persen, memaksa ratusan hotel tersebut berhenti beroperasi.

"Perhotelan saja 575 hotel tutup di Jabar, kemudian juga karyawannya hampir 25 ribu itu dirumahkan sementara dan belum ada PHK. 575 itu tutup dengan sendirinya bukan bangkrut karena marketnya ga ada," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik, di Mapolrestabes Bandung, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga: Anggota DPR: Penerima Manfaat Bansos Harus Tepat Sasaran

Ia mengatakan, pihaknya berupaya agar sektor yang terkena dampak bisa mendapatkan bantuan dengan cara saat ini mendata yang terkena Covid-19.

Beberapa diantaranya yaitu destinasi wisata, UMKM yang tidak bisa berjualan akan didata berdasarkan nama dan alamat.

"Kemudian kita ajukan BLT atau program padat karya dan sebagainya. Sekarang masih berjalan (pendataan). Dalam kurun waktu Juli sampai Agustus itu masa pemulihan," katanya.

Baca Juga: 200 Ribu Pemudik dari Jabodetabek Sudah Memasuki Jabar di Masa Pandemi Covid-19

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan asosiasi pariwisata di tingkat kabupaten dan kota. Sementara itu bantuan untuk UMKM akan diberikan oleh Pemprov Jabar.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X