Pemprov Tunggu Data Penerima Bantuan Jaring Pengaman Sosial dari Semua Kota/Kabupaten

- 8 April 2020, 07:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.* HUMAS JABAR
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.* HUMAS JABAR /

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan memberikan bantuan jaring pengaman sosial bagi warga terdampak pandemi COVID-19. Maka dari itu, koordinasi dengan kota/kabupaten terus dilakukan dalam untuk mematangkan data penerima bantuan tersebut.

“Untuk jaring pengaman sosial, kita masih melakukan pendataan, kita masih menunggu data-data dari kabupaten/kota yang tentunya harus diverifikasi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad dalam jumpa pers perkembangan penanggulangan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020).

Ditegaskan Daud, verifikasi amat krusial agar bantuan jaring pengaman sosial tepat sasaran. Setelah pemerintah kabupaten/kota mendata, data tersebut akan diverifikasi oleh Pemprov Jabar.

Baca Juga: Disnaker Kota Bandung Data Pekerja atau Buruh Korban PHK

“Akan ada pembicaraan lebih lanjut, karena pemerintah pusat pun akan menurunkan pemberian bantuan langsung tunai atau BLT kepada masyarakat yang selama ini tidak menerima PKH, tidak menerima bantuan pangan non-tunai, maupun bantuan pra-kerja,” kata Daud.

Pemprov Jabar menganggarkan Rp4 triliun, sebelumnya Rp3, 2 triliun, untuk bantuan jaring pengaman sosial, dan Rp2,8 triliun untuk penyediaan peralatan kesehatan selama empat bulan ke depan.

“Untuk anggaran kas ini dari data yang kami terima sebetulnya posisi kas saat ini uang ada. Tapi tentunya kebutuhan ini tidak hanya untuk jaring pengaman sosial, ada kebutuhan lain. Ini sedang kami hitung, kira-kira riilnya ada berapa,” ucapnya.

Baca Juga: Dilarang Bawa Penumpang, Ojol Minta Aplikator Turunkan Potongan

“Kita masih hitung, yang jelas apa yang disampaikan untuk jaring pengaman sosial itu sebesar kurang lebih Rp4 triliun, untuk kesehatan Rp2,8 triliun. Ini sudah diperhitungkan posnya dari mana saja,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x