Hadapi Virus Corona, Pemkab Garut Bentuk Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19

- 9 Maret 2020, 21:24 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan.*
Bupati Garut, Rudy Gunawan.* /GALAMEDIA

BANDUNG, (PRFM) - Pemkab Garut, sejak Jum'at (6/3/2020) telah melakukan rapat intensif mengantisipasi merebaknya kasus Covid-19. Demi kenyamanan masyarakat Kabupaten Garut, Pemkab Garut telah membentuk Pusat Informasi dan Koordinasi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang di pusatkan di Command Center dan Call Center 119, Kompleks Pendopo Garut.

"Masyarakat diimbau tidak panik namun tetap mengedepankan kewaspadaan, serta tidak termakan isu atau hoaks," ujar Juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Ricky R. Darajat dalam rilis resmi Pemkab Garut.

Terkait pemeriksaan di daerah, pemerintah menerapkan cara yang sama melalui pengambilan spesimen suspect Covid-19 dan dikirim langsung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk mengetahui status suspect. Pemerintah menyatakan seorang pasien negatif Covid-19 apabila dinyatakan negatif setelah melalui 2 kali tahapan pemeriksaan. Jika belum maka sesuai prosedur kesehatan akan terus dirawat dalam area isolasi.

"Apabila ditemukan ada yang memenuhi kriteria suspect Covid-19 (demam tinggi, flu, batuk), mereka akan dirujuk ke salah satu RS rujukan dan dirawat dalam ruang isolasi. Jika tidak memenuhi kriteria, penanganan akan menyesuaikan dengan rujukan dari dokter yang memeriksa," ujarnya.

Tidak kalah penting, ada juga hotline 119 sebagai sarana respons cepat tanggap yang diberikan pada masyarakat. Selain itu masyarakat bisa mendapatkan informasi perkembangan COVID-19 melalui situs https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x