Dinkes Pastikan Tidak Ada Pasien Virus Corona di Kota Tasikmalaya

- 7 Maret 2020, 13:00 WIB
Kepala Dinkes Kota Tasikmalaya, Uus Supangat.*
Kepala Dinkes Kota Tasikmalaya, Uus Supangat.* //KP/ ASEP MS

BANDUNG, (PRFM) - Beberapa waktu lalu tersiar kabar di RSUD dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya tiga orang diisolasi dalam rangka pemantauan untuk mengantisipasi terjangkitnya virus Corona (Covid-19). Menanggapi hal tesebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan saat ini tidak ada pasien virus corona di Kota Tasikmalaya.

"Terkait pasien yang ada di RSUD dr Soekardjo, perlu saya sampaikan bahwa pasien ini bukan pasien dalam pengawasan (PDP) tapi orang dalam pemantauan (ODP). Pasien ODP ini bisa dilakukan rawat jalan dan isolasi mandiri di rumahnya, dengan dibekali edukasi-edukasi. Jadi mohon masyarakat tidak usah khawatir, ini diagnosanya itu statusnya bukan PDP tapi ODP," ujar Uus saat on air di Radio PRFM, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Kemendikbud Anjurkan Siswa dan Guru yang Baru Pulang dari Negara Terjangkit Virus Corona Untuk Libur 14 Hari

Dijelaskan oleh Uus, tiga pasien yang dirawat tidak terindikasi sebagai PDP. Ketiganya saat ini masih berstatus ODP. Sebagai catatan, dua orang sebenarnya masih sehat. Keduanya masuk dalam pemantauan karena beberapa waktu terakhir selalu berkegiatan bersama satu pasien yang sakit.

"Dua ini tidak sakit, tapi karena ada kontak dengan yang sakit maka kami minta untuk dipantau kesehatannya," tutur Uus.

Alasan ketiganya diisolasi, lanjut Uus, adalah karena ketiganya bukanlah warga Kota Tasikmalaya. Ketiganya kebetulan sedang berkunjung ke Kota Tasikmalaya, dan satu orang mengeluhkan sakit. Untuk mencegah kemungkinan terburuk, maka ketiganya diisolasi terlebih dahulu.

"Kebetulan mereka bukan orang Tasikmalaya dan sedang berkunjung ke Tasikmalaya. Mereka kemudian ada yang sakit dan memeriksakan ke RS. Supaya orang-orang ini tidak jalan kemana-mana, maka untuk kehati-hatian kami transitkan di RS. Alhamdulillah pasien sangat kooperatif, dan bersedia ditransitkan di RS," jelas Uus.

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Pemprov Jabar Edukasi Masyarakat via Aplikasi Sapa Warga

Awalnya mereka sempat memeriksakan diri ke RS TMC Kota Tasikmalaya. Karena mereka memiliki riwayat bepergian ke negara terjangkit virus, maka Dinkes menerjunkan tim khusus untuk memantau ketiganya. Setelah ditangani, pasien tersebut didiagnosa menderita faringitis.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x