Ribuan Pelanggan PLN di Jabar Gabung Program Electrifying Agriculture dan Hasilkan Produksi Berlipat

- 9 Desember 2021, 19:37 WIB
Petugas PLN memasang instalasi listrik program Electrifying Agriculture di Kebun Naga Poernama, Garut, Kamis 9 Desember 2021
Petugas PLN memasang instalasi listrik program Electrifying Agriculture di Kebun Naga Poernama, Garut, Kamis 9 Desember 2021 /Tommy Riyadi/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - PT PLN (Persero) terus berupaya mengembangkan program andalan mereka yang baru, yaitu Electrifying Agriculture (AE). Hingga Oktober 2021, sebanyak 8.592 pelanggan di Jawa Barat telah bergabung dalam program tersebut dan berhasil.

Nurhidayanto Nugroho, manager PLN UP3 Garut menjelaskan, konsep Electrifying Agriculture adalah perubahan gaya hidup para petani/ peternak/ penambak/ pelaku usaha sektor perkebunan dan perikanan untuk berorientasi ke depan. Sehingga ke-4 sektor tersebut akan lebih maju, ekonomis dan lebih ramah lingkungan.

Nugroho menyebutkan, penambahan jumlah pelanggan Electrifying Agriculture (AE) Tahun 2021 s.d bulan Oktober adalah 1.574 pelanggan sehingga total yang mengikuti program tersebut sebanyak 8.592 pelanggan. Dari total tersebut, komposisi jumlah pelanggan terbanyak berasal dari sektor peternakan 59 persen, pertanian 20 persen, perikanan 16 peren,dan perkebunan 5 persen.

Baca Juga: Australia Ikut Serta Memboikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

Kebun Naga Poernama Garut
Kebun Naga Poernama Garut /Tommy Riyadi/PRFMNEWS.

“Antusias pelanggan terhadap program ini di Jawa Barat sangatlah tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penambahan jumlah pelanggan sebesar 13,81 persen dibanding Jumlah Penambahan Pelanggan AE bulan September 2021 (1.383 pelanggan),” ujar Nugroho saat ditemui di Kebun Naga Poernama, di kampung Jamban Sari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, Kamis 9 Desember 2021.

Program Electrifying Agriculture, lanjut Nugroho, menjadi lompatan besar bagi sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan (4 sektor) di Jawa Barat. Dari kisah-kisah yang dituangkan dalam buku "Petani Cerdas 4.0: Go Modern, Go Electrifying”, program yang digagas PT PLN (Persero) ini terbukti telah membawa keempat sektor ini menjadi lebih maju dan modern.

Para petani beralih ke alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) berbasis listrik, dari sebelumnya memakai alsintan berbahan bakar fosil yang mahal dan merusak lingkungan.

Didukung listrik PLN, mereka berani berinovasi dan memanfaatkan teknologi guna mendongkrak produktivitas dan menekan biaya operasional sehingga kesejahteraan kian meningkat.

Baca Juga: Ternyata Bayi Baru Lahir Wajib Daftar BPJS Kesehatan, Begini Aturan, Syarat dan Caranya

Manajer PLN UP3 Garut, Nurhidayanto Nugroho saat ditemui di Kebun Naga Poernama, Garut, Kamis 9 Desember 2021
Manajer PLN UP3 Garut, Nurhidayanto Nugroho saat ditemui di Kebun Naga Poernama, Garut, Kamis 9 Desember 2021 /Tommy Riyadi/PRFMNEWS.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x