Persiapan Kawasan Metropolitan Rebana, Kolaborasi Sektor Transportasi Diperkuat

- 10 November 2021, 21:06 WIB
Rakor antara Kepala Dishub di Jabar di De Jehan’s Hotel, Kuningan, Jabar, Selasa 9 November 2021 kemarin
Rakor antara Kepala Dishub di Jabar di De Jehan’s Hotel, Kuningan, Jabar, Selasa 9 November 2021 kemarin /Dok Dishub Jabar.

PRFMNEWS - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Kadishub Jabar) Koswara mendorong Dishub Kabupaten/Kota aktif berperan memberi masukan kebijakan dalam sektor transportasi untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Bagian Selatan.

Koswara mengatakan, komitmen dan kolaborasi di antara pemerintah daerah sangat penting untuk mempercepat pembangunan kawasan metropolitan.

“Komitmen dan kolaborasi dari Kabupaten/Kota khususnya di wilayah iv ini sangat di penting, agar percepatan pembangunan Kawasan Rebana khsusunya dapat berjalan optimal,” ujar Kadishub Jabar Koswara saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) di De Jehan’s Hotel, Kuningan, Selasa 9 November 2021 kemarin.

Baca Juga: Kebakaran Asep Stroberi Garut, Sempat Terdengar Teriakan

Rakor antara Kepala Dishub di Jawa Barat di De Jehan’s Hotel, Kuningan, Selasa 9 November 2021 kemarin
Rakor antara Kepala Dishub di Jawa Barat di De Jehan’s Hotel, Kuningan, Selasa 9 November 2021 kemarin /Dok Dishub Jabar.

Keselarasan program dan kewenangan di Sektor Transportasi harus dilakukan bersama-sama agar perannya bisa maksimal dalam mendorong perwujudan pembangunan daerah yang lebih baik.

Dalam rakor ini juga dilakukan komunikasi bagaimana menyelaraskan program dan kewenangan dengan pemerintah Pusat yang disampikan Perwakilan BPTD IX yg hadir dlm Kegiatan tersebut

Beberapa hal yang perlu di carikan solusi bersama terkait isu-isu : penanganan dan penertiban ODOL, ketersediaan Faslalin, penertiban angkutan barang dan penumpang, jalur logistik di rebana, SDM, terminal dan lain-lain. Terhadap persoalan tersebut perlu kesamaan regulasi dari pusat dan daerah.

Perlu dan penting untuk menerapkan pola berfikir sistemik dalam sektor transportasi karena bukan hanya stakeholder internal sektor tapi juga sektor lain akan mempunyai dampak pengaruh kepada kebijakan sektor transportasi,” ujar Kadishub Jabar Koswara.

Maka dari itu di kawasan rebana ini Perlu disusun rencana induk Transportasi Terpadu yg bisa jadi acuan setiap Kabupaten/Kota.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Dishub Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x