18 Juta Orang di Jabar Sudah Vaksin, tapi Masih Sisa 19 Juta Lagi

- 15 September 2021, 12:54 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Jumlah orang yang telah divaksin Covid-19 di Jawa Barat mencapai 18 juta orang per 14 September 2021.

Namun angka itu masih kurang dari setengah target yang ditentukan yakni 37 juta warga Jabar harus tervaksinasi. Artinya Pemprov Jabar masih punya 'PR' menyelesaikan 19 juta warganya yang belum divaksin untuk menciptakan herd immunity.

"Semua akan kami tindaklanjuti sesuai arahan terkait vaksin juga kami laporkan sudah sekitar 18 juta dosis sudah tersuntikkan," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keterangannya, Selasa 14 September 2021.

Baca Juga: Soal Anak 12 Tahun Dilarang Masuk Tempat Wisata, Sandi: Kami Bebaskan ke Keluarga

Emil sapaan akrabnya menegaskan pihaknya mengupayakan mencapai target herd immunity pada akhir Desember 2021. Dari segi percepatan, Jabar diakui siap tapi butuh pasokan vaksin yang lebih banyak dari pemerintah pusat.

Status per 12 September kecepatan rata-rata vaksinasi di Jawa Barat adalah sekitar 268.697 dosis per hari. Namun sistem yang dimiliki Jabar sudah siap untuk menyuntikkan vaksin dua kali lipat dari posisi rata-rata harian saat ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Pariwisata Bangkit 2022 Jika Vaksinasi Beres

"Paling kami menitipkan vaksin, karena kecepatan harian kami sudah tertinggi sekitar 260.000 dan sebenarnya sistem siap untuk pakai dua kali lipat jika vaksinnya memadai," katanya.

Oleh karena itu, kata Ridwan Kamil, dirinya berharap agar pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat ke Provinsi Jawa Barat bisa ditambah lagi. Sehingga target 37 juta masyarakat yang disuntik vaksin untuk membentuk herd immunity di Desember 2021 ini bisa tercapai.

Baca Juga: Informasi Vaksinasi Covid-19 untuk Anak yang Digelar IDI Kota Bandung pada 25 September Nanti

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X