Gempa Terkini di Tasikmalaya 4,4 M, Tidak Berpotensi Tsunami

- 14 September 2021, 17:05 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM/.*/PRFM


PRFMNEWS - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,4 Magnitudo mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, pada Selasa 14 September 2021 pukul 16.08 WIB.

BMKG memaparkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.11 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 16 kilometer.

BMKG juga menyebutkan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Jabar Diprediksi Terjadi Pada September Hingga Oktober ini

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangan resminya.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi lempeng Indo-Australia menunjam menelusup kebawah Lempeng Eurasia.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," terangnya.

Baca Juga: Hoaks Megawati Meninggal, Polisi Kini Usut Penyebarnya

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pamarican, Pangandaran dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian di Cikelet Pameungpek, Parungpoteng Kab.Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x