Meski Bangunannya Kecil, Stasiun Cipeundeuy Garut Miliki Fungsi Penting Bagi Keselamatan Perjalanan Kereta

- 13 September 2021, 09:04 WIB
Stasiun Cipeunduy, Garut. Stasiun ini meskipun kecil tapi memiliki fungsi penting bagi keselamatan perjalanan Kereta.
Stasiun Cipeunduy, Garut. Stasiun ini meskipun kecil tapi memiliki fungsi penting bagi keselamatan perjalanan Kereta. /PT KAI

PRFMNEWS - Di Garut, tepatnya di Kecamatan Malangbong terdapat sebuah stasiun yang ukurannya cukup kecil yaitu Stasiun Cipeundeuy.

Meski kecil, ternyata Stasiun Cipeundeuy ini memiliki fungsi penting bagi keselamatan semua jenis kereta yang melintas di jalur selatan.

Dikutip dari tiktok PT KAI @kai121_, Stasiun yang berada di ketinggian 772 meter di atas permukaan laut ini wajib disinggahi semua jenis kereta baik kereta ekonomi maupun eksekutif.

Baca Juga: Naik KA Lokal Kini Tak Butuh STRP, Tapi Penumpang Wajib Sudah Divaksin

Penyebabnya, karena stasiun Cipeundeuy berada di ketinggian, sehingga semua kereta harus dicek pengeremannya usai melalui tanjakan atau turunan.

"Karena letaknya yang cukup tinggi mengharuskan semua kereta api yang masuk ke stasiun tersebut untuk berhenti di sana," kata narasi dalam video di tiktok @kai121_ itu.

Baca Juga: Hasil Lengkap dan Klasemen Sementara Liga 1 2021

"Kereta yang masuk stasiun Cipeundeuy sebelumnya telah melewati tanjakan dan turunan yang cukup curam. Sehingga harus dilakukan pemeriksaan guna memastikan pengereman dan rangkaian siap dan aman untuk melalui lokasi tersebut," lanjutnya.

Saat kereta berhenti di stasiun yang dibangun sejak 1893 itu, para penumpang bisa turun dari kereta dan menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X