Jabar Butuh 15 Juta Dosis Vaksin per Bulan, Ridwan Kamil: Bisa Dipenuhi?

- 4 Agustus 2021, 13:54 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Wartawan Untuk Melaporkan Warga Yang Belum Terdaftar Bansos DTKS di Pemprov Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Wartawan Untuk Melaporkan Warga Yang Belum Terdaftar Bansos DTKS di Pemprov Jawa Barat /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut Jabar butuh 15 juta dosis vaksin Covid-19 setiap bulannya untuk mengejar herd immunity pada Desember 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan Emil sapaan akrabnya dalam konferensi pers virtual pada Rabu 4 Agustus 2021 yang diunggah kanal Youtube Jabarprov TV.

Emil mempertanyakan kesanggupan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan apakah menyanggupi permintaan dirinya itu.

Baca Juga: Ibu Hamil Sekarang Boleh Divaksin Covid-19, Minimal Trimester Kedua Kehamilan

"Kalau Desember harus beres ya Jawa Barat harus dikasih 15 juta dosis tiap bulan, dengan total 76.216.350 dosis vaksin tambahan. Pertanyaan besar apakah ini bisa dipenuhi? Dan kita akan habiskan apa yang diberikan," ujar Emil.

Untuk mendukung percepatan vaksinasi kepada masyarakat, Jabar juga memerlukan penambahan 22 ribu vaksinator baru. Mereka akan disebar ke seluruh 27 kabupaten/kota.

Selain itu, Pemprov Jabar juga telah melakukan berbagai inovasi agar vaksinasi bisa lebih cepat, di antaranya melayani home service, jemput bola, drive thru, sentra vaksin, dan lain-lain.

Baca Juga: RK: Kolaborasi Vaksinasi Penting untuk Percepat Herd Immunity

"Vaksinasi di wilayah aglomerasi didahulukan, maka artinya Bodebek dan Bandung Raya menerima jumlah vaksin lebih banyak sesuai teori penyebaran kasus, yaitu di mana kasus tinggi di situ akan diberikan vaksin yang lebih banyak," tuturnya.

Emil mengakui masih ada permasalahan update data stok vaksin di lapangan. Persoalan itu mengakibatkan ketimpangan data yang diterima oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x