Warga Jabar Bisa Ikuti Info Loker dan Tes Minat Bakat di Jabarjawara.id

- 30 April 2021, 16:51 WIB
Tampilan website jabarjawara.id
Tampilan website jabarjawara.id /

PRFMNEWS - Jaringan Warga Jabar Sejahtera atau Jabarjawara.id menjadi salah satu programĀ  unggulan Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat.

Jabarjawara.id adalah portal atau website terpadu untuk mengetahui informasi lowongan pekerjaan hingga pemetaan potensi tenaga kerja dan industri di Jabar.

Kepala Disnakertrans Jabar, Taufik Garsadi berharap adanya Jabarjawara.id ini mampu mengurangi pengangguran yang ada di Jawa Barat. Pasalnya, meskipun Jabar memiliki angkatan kerja yang besar, tapi jumlah penggangurannya pun besar.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Menaker Imbau Pekerja Swasta dan PMI Tidak Mudik Lebaran

"Jabar ini provinsi yang luar biasa, kita punya angkatan kerja yang besar dan juga memiliki industri yang paling banyak di Indonesia, tapi ternyata pengangguran kita juga besar, tahun kemarin berdasarkan rilis BPS di bulan November," kata Taufik kepada PRFM, Kamis 29 April 2021.

Taufik mengatakan pihaknya kerap mendengar adanya perusahaan kesulitan mencari pekerja yang sesuai kualifikasi kebutuhan perusahaan. Tak jarang juga akhirnya industri di Jawa Barat justru malah banyak mempekerjakan warga luar Jawa Barat.

"Kita juga sering mendengar industri di kita kesulitan mencari pekerja yang tepat dan seringkali pekerja yang diambil itu dari luar Jawa Barat. Fenomena yang unik misalnya kawasan industri di Karawang malah menjadi penyumbang penganguran terbesar. Selain itu pengganggur kita itu berasal dari yang terbesar itu dari SMA/SMK kemudian setelah itu S1, D3, dan D4," ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Buru Travel Gelap yang Jual Tiket Mudik di Facebook dan Instagram

Menurut Taufik, kesulitan itu dapat teratasi dengan adanya Jabarjawara.id yang mampu menyambungkan antara kebutuhan industri dengan kemampuan pekerja yang ada di Jawa Barat.

Melalui Jabarjawara.id bisa diketahui data potensi para pencari kerja yang ada di Jawa Barat. Data ini juga bermanfaat bagi perusahaan untuk mempermudah mengambil kebutuhan pekerja di lapangan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X