Hindari Peredaran Uang Palsu di Bulan Ramadhan, BI Jabar Sarankan Warga Tukar Uang di Bank

- 21 April 2021, 19:45 WIB
BI Jabar minta warga tukar uang langsung ke bank agar tidak jadi korban peredaran uang palsu di Bulan Ramadhan 2021
BI Jabar minta warga tukar uang langsung ke bank agar tidak jadi korban peredaran uang palsu di Bulan Ramadhan 2021 /DOK PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Demi menekan risiko jatuhnya korban peredaran uang palsu di Bulan Ramadhan 2021, Bank Indonesia Jawa Barat (BI Jabar) memperkuat 560 titik penukaran uang yang tersebar di wilayah Jabar.

Sebanyak 560 titik penukaran uang ini disiapkan BI Jabar bagi masyarakat untuk tukar uang guna keperluan pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) pada Ramadhan 2021 ini.

Adapun 560 titik penukaran uang yang diberdayakan oleh BI Jabar ini merupakan lembaga perbankan. Semua bank yang berkolaborasi dengan BI Jabar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi titik penukaran uang khusus di Bulan Ramadhan 2021.

Baca Juga: Viral, Ibu-ibu Masuk Jalan Tol Naik Motor dan Tetap Bayar Pakai Kartu Elektronik

Kepala Divisi Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Jabar, Syafii menuturkan, penguatan terhadap 560 titik penukaran uang bagi masyarakat pada Bulan Ramadhan 2021 dilakukan demi menekan risiko penularan Covid-19.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya BI Jabar membuka layanan langsung tukar uang secara masif, namun untuk Bulan Ramadhan 2021 ini terpaksa tidak dilakukan agar protokol kesehatan tetap bisa ditegakan.

"Untuk tahun 2021 ini, kita lebih memfokuskan pendistribusian uang ke masyarakat itu lewat perbankan. Ada 560 titik penukaran uang resmi di Jabar. Jadi masyarakat bisa tukar ke bank-bank yang ada di wilayah Jabar," tutur Syafii saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 21 April 2021.

Baca Juga: Greget! Ezra Walian Tak Sabar Hadapi Persija di Final Piala Menpora

Sementara itu, Syafii menegaskan ketersediaan uang di Jabar untuk Bulan Ramadhan 2021 ini tetap aman hingga hari raya Lebaran.

Menurut proyeksi BI Jabar, permintaan uang masyarakat Jabar pada Ramadhan 2021 ini mencapai Rp Rp17,95 triliun.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x