BMKG Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem di Musim Pancaroba

- 11 April 2021, 09:55 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /Pexels/

PRFMNEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga  Jawa Barat termasuk Bandung Raya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi beberapa waktu ke depan.

Pasalnya, kini Jawa Barat tengah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim panas. Selain itu, musim pancaroba ini pun bersamaan dengan siklon tropis seroja yang mulai menjauh wilayah Indonesia.

“Saat ini kita sedang berada dalam kondisi pancaroba sehingga juga masih ada dampak dari siklon tropis seroja yang semakin jauhi wilayah Indonesia berakibat pada kondisi angin yang sudah dalam kondisi normal,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Bandung, Muhammad Iid saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu 11 April 2021.

Baca Juga: Info Cuaca Bandung Raya Hari Ini: Dominan Cerah Berawan Hingga Berawan

Baca Juga: Sebaran Covid-19 di Kota Bandung per Kecamatan, Update 10 April 2021: Batununggal Terbanyak

Selain itu, Iid pun menyampaikan tren ketika memasuki musim pancaroba adalah cuaca yang cenderung ekstrem yang dapat dilihat dari gejala dan kondisi cuaca saat ini.

Menurut Iid, cuaca ekstrem yang terjadi di Jawa Barat dan Bandung Raya ini meliputi hujan deras yang disertai kilat atau petir maupun kondisi angin kencang.

“Jadi perlu diantisipasi terhadap potensi-potensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kadang lebat dengan disertai petir atau kilat dan angin yang memang secara umum karakteristik cuaca di periode transisi ini ada gejala cuaca yang bisa menimbulkan cuaca ekstrem,” tutupnya.

Baca Juga: BNPB: Korban  Bencana Banjir Bandang di NTT Bertambah, 174 Orang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x