BPBD: Masih Ada 2 Titik Api di Kilang Minyak Pertamina Balongan

- 2 April 2021, 13:01 WIB
Upaya pemadaman titik api di Kilang Balongan Indramayu oleh Tim Emergency Pertamina.*
Upaya pemadaman titik api di Kilang Balongan Indramayu oleh Tim Emergency Pertamina.* /Dok. Pertamina


PRFMNEWS - Badan Penanggulangan dan Penanganan Bencana (BPBD) Jawa Barat menyebut masih ada dua titik api kebakaran pada ledakan tangki kilang minyak Pertamina, Balongan, Indramayu hingga semalam.

Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jabar, Hadi Rahmat menuturkan saat ini kebakaran masih terjadi dan warga sekitar kilang sudah diungsikan ke GOR Komplek Perumahan Pertamina Bumi Patra, Komplek Islamic Center Indramayu dan Pendopo Kabupaten Indramayu.

Dua titik api itu berasal dari Tangki T 301 F yang kembali membesar setelah pada sore, Kamis 1 April 2021 mengecil. Kemudian dari tangki T 301 G yang sebelumnya sudah padam, tapi kembali mengeluarkan titik api.

Baca Juga: Pemprov Jabar Kaji Kemungkinan Relokasi Warga Korban Ledakan Kilang Pertamina Balongan

Baca Juga: HOAX BBM Akan Langka di Pulau Jawa Akibat Ledakan Kilang Minyak Balongan

"Sehingga masih ada 2 titik nyala api yang masih dalam upaya pemadaman," ujar Hadi dalam keterangan resminya yang diterima, Jumat 2 April 2021.

Ia menuturkan, sesuai dengan pernyataan pihak Pertamina, tiga hari fokus untuk pemadaman api, setelah itu baru akan mendata kerusakan atau kerugian akibat ledakan.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Balongan Belum Diketahui, Saat Kejadian Terjadi Hujan Deras Disertai Petir

Hingga hari ini tercatat 3o orang terdampak luka ringan, 6 luka berat, dan tidak ada korban jiwa. Namun 932 orang mengungsi di bagi ke 3 titik pengungsi.

"Korban luka ringan 27 orang sudah diperbolehkan untuk pulang, sisa 3 orang masih di rawat di RS Bumit Patra," jelasnya.***

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x