Peringatan BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem 10 - 16 Februari 2021, Berpotensi Banjir Bandang

- 10 Februari 2021, 06:59 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM


PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan waspada potensi cuaca ekstrem di Jawa Barat dan sebagian besar provinsi di Indonesia selama sepekan kedepan yakni dari 10 - 16 Februari 2021.

Potensi cuaca esktrem dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal.

Baca Juga: Mobil SIM Keliling Kota Cimahi untuk Hari Ini Rabu 10 Februari 2021

Baca Juga: Total 21 Kecamatan di Indramayu Terdampak Banjir, 10 Ribu Warga Mengungsi

"BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan resminya, Selasa 9 Februari 2021.

Tak hanya itu, hujan lebat juga berpotensi menyebabkan banjir bandang pada 10 - 11 Februari 2021. Prakiraan cuaca yang berdampak banjir ini bisa terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga: 290 Orang Mengungsi Akibat Banjir di Pamanukan Subang, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x