Anak Tuntut Orang Tua Rp3 Miliar, Dosen Hukum: Tidakkah si Anak Itu Bercermin?

- 27 Januari 2021, 17:25 WIB
RE Koswara (tengah) saat diwawancarai di SPKT Polda Jabar di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin, 25 Januari 2021. Diketahui Koswara melaporkan balik anaknya yang telah menggugat kepemilikan rumah di Jalan AH Nasution, Kota Bandung.
RE Koswara (tengah) saat diwawancarai di SPKT Polda Jabar di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin, 25 Januari 2021. Diketahui Koswara melaporkan balik anaknya yang telah menggugat kepemilikan rumah di Jalan AH Nasution, Kota Bandung. /Pikiran-rakyat.com/Mochamad Iqbal Maulud/

 

PRFMNEWS - Dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Dr. Sonny Dewi Judiasih menanggapi kasus anak yang menuntut orang tuanya akibat tak terima jikalau tanah milik orang tuanya itu dijual. Bahkan, anak tersebut diketahui menggugat sang ayah yang sudah renta itu sebesar Rp3 miliar.

Menurut Sonny, hal tersebut secara norma anak tidak diperbolehkan mengajukan gugatan ke orang tua. Pasalnya, tindakan ini tidak sejalan dengan norma yang ditetapkan dalam Undang-undang Perkawinan.

Ia pun mengaku tak habis pikir dengan kasus gugatan anak terhadap orang tuanya itu. Apakah, tanyanya, si anak tak mengingat jasa orang tuanya sendiri.

Baca Juga: CEK FAKTA: Mereka yang Kerja Antara Tahun 2000 dan 2021 dapat Bantuan Rp3,55 Juta dari BPJS Kesehatan?

Baca Juga: Hari Ini Kasus Meninggal dan Sembuh dari Covid-19 Pecah Rekor: Terbanyak Sejak Maret 2020

“Apakah tidak disadari oleh mereka itu tuh orang tua kita lho. Anak kandung yang menggugat orang tuanya itu tidakah dia (anak-red) bercermin dari dulu pada saat dia masih bayi terus menjadi balita, anak-anak, dewasa, peran orang tua sangat tinggi,” tanyanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu 27 Januari 2021.

Sonny menambahkan, gugataan yang dilayangkan anak terhadap orang tuanya bisa disebut salah kaprah.

“Buat saya ini sesuatu hal yang menyesakan dada, dalam artian bahwa betul sekarang ini sudah kesadaran hukumnya semakin baik, tapi menurut saya salah kaprah kalau misalnya yang digugat itu orang tuanya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x