Sidak Prokes di Tasikmalaya, Wagub Jabar Temukan Sejumlah Warga Tak Pakai Masker

- 25 Januari 2021, 08:40 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menemukan sejumlah warga tidak memakai masker di objek wisata wisata Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Minggu 24 Januari 2021.
Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menemukan sejumlah warga tidak memakai masker di objek wisata wisata Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Minggu 24 Januari 2021. /HUMAS JABAR



PRFMNEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menemukan sejumlah warga tidak memakai masker di objek wisata Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Hal itu ia temukan saat dirinya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di objek wisata tersebut pada Minggu 24 Januari 2021.

Uu pun langsung menghampiri warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes). Ia memberikan masker untuk langsung dipakai oleh masyarakat.

"Di hari minggu ini, saya mencoba melihat situasi dan kondisi salah satu objek wisata di Kota Tasikmalaya, apakah mereka menerapkan protokol kesehatan," ucap Uu.

Baca Juga: Update Corona Kota Bandung Minggu 24 Januari 2021, Positif Bertambah 137 Kasus

Baca Juga: ShopeePay Mantul Sale (SMS) Dimulai, Dapatkan Gratis Ongkir Rp0 dan ShopeePay Deals Rp1 Tiap Bulan!

"Saya lihat, ternyata masih banyak masyarakat terutama anak muda juga pelaku ekonomi, baik itu tukang dagang cilok, bala-bala, termasuk para sopir perahu, yang tidak memakai masker," katanya.

Kepada mereka yang terkena sidak, Uu pun menjelaskan pentingnya protokol kesehatan terutama 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, demi memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Karena itu mohon kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Karena sehebat apa pun pemerintah memberikan aturan, sanksi, kalau masyarakat tidak menaati, tidak ada artinya," ucap Uu.

"Oleh karena itu, mari kita ikuti arahan pemerintah terutama PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), 3M, dan vaksinasi yang merupakan ikhtiar pemerintah dalam menghentikan pandemi," tuturnya.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini Tayang di RCTI Pukul 19.30 WIB

Baca Juga: Liverpool Tersingkir dari Piala FA

 



Saat ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun, lanjut Uu, tengah berupaya menyetop pandemi di Indonesia lewat program vaksinasi COVID-19.

Uu menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pun siap mendukung dan menyukseskan vaksinasi. Adapun vaksinasi kedua bagi penerima di Tahap I Termin I vaksinasi di tujuh daerah di Jabar akan dimulai pada Kamis, 28 Januari 2021.

"Karena seperti yang sering dijelaskan Pak Gubernur, vaksin ini satu-satunya solusi ilmiah dan bisa dilakukan untuk menghentikan pandemi. Lainnya adalah terkena dulu (COVID-19) baru imun atau betul-betul tidak keluar rumah, tapi itu 'kan tidak bisa," ucap Uu.

"Maka, vaksinasi ini harus didukung seluruh masyarakat sebagai ikhtiar duniawi. Ukhrowi (akhirat) pun jangan lupa dilakukan," pesannya.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x