Tegas! Wagub Minta Pemerintah Pusat Tinjau Ulang Perubahan Hutan dan Pertambangan di Jabar

- 21 Januari 2021, 10:45 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengecek kesiapan Posko Keamanan Natal dan Tahun Baru di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu 23 Desember 2020. Uu menyatakan, Pemprov Jabar menyediakan peralatan rapid test Antigen untuk wisatawan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengecek kesiapan Posko Keamanan Natal dan Tahun Baru di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu 23 Desember 2020. Uu menyatakan, Pemprov Jabar menyediakan peralatan rapid test Antigen untuk wisatawan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 /Dok Humas Jabar.

PRFMNEWS - Pada bulan Januari ini banjir dan longsor terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat. Beberapa di antaranya yang paling parah adalah banjir bandang di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor dan juga longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur Jawa Barat Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengakui jika di Jawa Barat ini banyak alih fungsi lahan.

Dia mencontohkan, beberapa hutan di Jabar kini sudah berfungsi sebagai hutan produktif sesuai dengan keputusan menteri yang dia harapkan keputusan itu bisa ditinjau ulang.

Baca Juga: Tak Salahkan Hujan, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Duga Banjir di Puncak Disebabkan Alih Fungsi Lahan

Baca Juga: TEGAS ! Soal Kewenangan Izin Pertambangan, Wagub Jabar Bilang Gini ke Pemerintah Pusat

"Sebenarnya di Jawa Barat ini memang ada beberapa titik hutan yang menjadi hutan produktif sesuai dengan keputusan menteri. Oleh karena itu saya berharap keputusan menteri tersebut bisa ditinjau ulang," sebut Uu saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini, Kamis 21 Januari 2021.

Dengan adanya keputusan meteri tersebut, maka alih fungsi lahan tersebut tidak menyalahi aturan.

Namun sayangnya, meski legal secara hukum, alih fungsi lahan itu berdampak buruk bagi lingkungan, salah satunya menyebabkan banjir ataupun longsor.

Baca Juga: Puskesmas Tenawati Singaparna Bisa Rawat Pasien Covid-19, Kang Emil Minta Puskesmas Lain Mencontoh

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x