BREAKING NEWS: Pangandaran Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 4,7 SR Malam Ini

- 15 Januari 2021, 22:06 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM/.*/PRFM

PRFMNEWS - Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik pada Jumat 15 Januari 2021, pukul 21.17 WIB.

Menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa kali ini berkekuatan maginitudo 4.7. Adapun, episenter tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Tenggara Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 57 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini masuk kategori gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Kabar Baru Kompetisi, Mayoritas Klub Ingin Liga 1 dan Liga 2 2020 Dihentikan

Baca Juga: Jonatan Christie Masuk Kotak Setelah Kalah dari Viktor Axelsen di Perempatfinal Thailand Open 2021

Terkait dampak, Hendro menyatakan, sesuai yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah).

"Di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda tergantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," kata dia dalam rilis yang diterima PRFM, Jumat 14 Januari 2021.

Baca Juga: Dikalahkan Pasangan Korsel, Langkah Ahsan/Hendra Terhenti di Perempatfinal Thailand Open 2021

Baca Juga: Daftar Artis Terjerat Narkoba Bertambah, Kali Ini Vokalis Band Kapten Ditangkap Karena Konsumsi Sabu

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x