Jumlah Kematian Ibu yang Melahirkan di Sumedang Meningkat

- 26 November 2020, 15:35 WIB
Beberapa prosedur yang harus dijalankan Ibu hamil yang sudah mendekati melahirkan.
Beberapa prosedur yang harus dijalankan Ibu hamil yang sudah mendekati melahirkan. /Pixabay/Free-Photos/

PRFMNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mencatat jumlah kematian ibu saat melahirkan pada tahun 2020 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 lalu.

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Nia Sukaeni hingga November 2020 ini junlah kematian ibu saat melahirkan  telah mencapai 15 orang. 

"Untuk tahun 2019 lalu tercatat jumlah kematian ibu saat melahirkan hanya 13 orang atau pada tahun 2020 ini sudah lebih 2 orang," jelas Nia Rabu 25 November 2020.

Baca Juga: Vizcarra Kenang Maradona : Dia yang Buat Sepakbola Argentina Terkenal

Ditambahkan Nia, dari 15 kasus ini memang ada faktor penyebab, namun yang paling dominan adalah karena terjadinya pendarahan. Untuk kasus pendarahan ini memang harus cepat ditangani, namun disisi lain terkadang pihak keluarga juga suka banyak pertimbangan sehingga menyebabkan keterlambatan dalam penanganan.  

Dalam upaya mencegah lebih banyak lagi terjadinya kematian ibu saat melahirkan pihak Dinkes terus melakukan sosialisasi pada masyarakat.

Baca Juga: 2 Orang Artis Ditangkap Polisi di Sebuah Hotel di Sunter Jakarta Diduga Terlibat Prostitusi Online

Baca Juga: Cawalkot Depok Positif Covid-19

"Melalui petugas petugas dilapngan kami terus memberikan edukasi pada masyarakat khususnya ibu hamil untuk senantiasa berkonsultasi dan memeriksakan kehamilaannya pada pelayanan keseharan  terdekat," katanya.***

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x