Tuai Kontroversi! Arab Saudi Berencana Bangun Bioskop Dekat Ka'bah

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Asep Yusuf Anshori
Arab Saudi berencana membangun bioskop dekat Ka'bah di Mekah
Arab Saudi berencana membangun bioskop dekat Ka'bah di Mekah /newarab.com

PRFMNEWS - Arab Saudi berencana membangun bioskop dekat Ka'bah di Mekah. Rencana tersebut menuai kontroversi karena dekat dengan situs paling suci sekaligus kiblat bagi umat Islam.

Sebuah video yang beredar menunjukkan seorang insinyur Saudi sedang membicarakan proyek pembangunan bioskop di Mekkah, dan tidak lama kemudian video ini langsung viral di media sosial.

Yang bikin netizen heboh, rencana pembangunan bioskop ini bakal dilakukan di dekat dua situs paling suci dalam Islam, yaitu Ka'bah dan Masjidil Haram.

Baca Juga: Hasil Mediasi Opang vs Ojol di Pasir Impun Bandung Diungkap Polisi, Begini Katanya

Dilansir New Arab, proyek bioskop Mekkah ini dipegang perusahaan lokal Modern Leading Building Leaders (MBL) dengan 1,3 miliar riyal atau sekitar Rp5,3 triliun.

Rencana tersebut bagian dari program “Smart Mecca.” Program tersebut bertujuan mengintegrasikan fasilitas hiburan modern ke dalam kota.

Proyek ini sedang dikembangkan oleh Saudi Entertainment Ventures ( Seven ), anak perusahaan Dana Investasi Publik, yang telah menjadi yang terdepan dalam upaya perluasan hiburan di Arab Saudi.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Hari Ini Kick Off 19.00

Meski ada kontroversi, pemerintah Saudi menegaskan pembangunan baru tersebut tak membahayakan kesucian Mekkah.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub