Indonesia Menempati Peringkat Pertama Perokok Pria Terbanyak di Dunia

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi rokok
Ilustrasi rokok /PRFM

BANDUNG, PRFMNEWS – Saat ini sudah banyak kampanye mengenai bahaya rokok dan akibat merokok berisiko kematian. Tampaknya hal itu tidak cukup membuat orang berhenti merokok. Rokok memang dikenal sebagai teman baik kaum pria, meskipun tidak menutup kemungkinan ada juga wanita yang mengkonsumsinya.

Di Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat paling banyak perokok pria di dunia. Dengan data sebesar 71,4 persen pria di Indonesia adalah perokok. Namun jika dihitung secara keseluruhan baik perokok pria maupun wanita, Indonesia menempati peringkat ke-12 dari daftar perokok terbanyak di dunia.

Riset Keesehatan Dasar (Riskesdas) yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di mana hasil riset tersebut menemukan jumlah perokok anak usia 10-18 tahun terus meningkat. Jika pada tahun 2013 berada di angka 7,2 persen, jumlah perokok anak usia 10-18 tahun pada tahun 2018 mennjadi 9,1 persen pada 2018 atau sekitar 3,2 juta anak.

Baca Juga: Aturan Baru Presiden Jokowi Larang Sunat Perempuan dan Perlunya Edukasi Organ Reproduksi ke Balita

Bahkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan prevalensi perokok anak akan menjadi 16 persen pada 2030 atau setara dengan enam juta anak tanpa adanya upaya pencegahan yang sistematis dan masif.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian konsumsi rokok, khususnya bagi laki-laki di Indonesia.

Daftar Negara dengan Perokok Pria Terbanyak di Dunia:

Baca Juga: Kriteria Rumah Sakit Boleh Layani Aborsi Perempuan Hamil Sesuai Aturan Terbaru Jokowi

1. Indonesia (Pria 71%, Wanita 4%)

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub