Sempat Ramai Kabar Negara Tetangga Ingin Klaim Reog Ponorogo ke UNESCO, Begini Klarifikasi Pihak Malaysia

- 3 Juni 2023, 20:06 WIB
Reog Ponorogo
Reog Ponorogo /Website Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo

PRFMNEWS – Pada tahun lalu sempat ramai kabar tentang Malaysia yang ingin mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo ke UNESCO.

Kabar tentang Malaysia yang ingin mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo ke UNESCO yaitu berawal dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan (PMK) yang meminta agar Pemerintah Kabupaten Ponorogo secepatnya mempersiapkan data yang diperlukan untuk mengusulkan Reog Ponorogo ke UNESCO.

“Untuk Reog, negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” ujar Muhadjir Efendy sebagaimana dikutip prfmnews.id melalui Antara.

Baca Juga: Polres Cimahi Razia Ratusan Motor Berknalpot Brong di Lembang Bandung Barat

Kabar tersebut akhirnya ramai di sosial media, hingga salah satu akun Instagram bercentang biru milik Malaysia ramai dikomentari oleh netizen Indonesia dengan memberikan beragam komentar.

Dilansir dari berbagai sumber, melalui Wakil Duta Besar Malaysia Adlan Mohd Shaffied menyampaikan bahwa Malaysia tidak berhasrat atau tidak ingin mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya milik mereka.

Selain itu, Adlan juga menyampaikan pada salah satu kesempatan bahwa suatu negara baik itu Malaysia ataupun negara lainnya yang ingin mengangkat budaya tak benda ke UNESCO, hal itu semata-mata untuk melestarikan budaya tersebut.

Baca Juga: Terakhir Besok! Ini Tahapan Seleksi Rekrutmen PT KAI Persero Gelombang II Tahun 2023 untuk SLTA, D3, Hingga S1

“Hasrat Malaysia atau mana-mana negara mengangkat budaya tak benda ke UNESCO adalah semata-mata untuk melestarikan budaya tersebut. Budaya itu bukan hak negara tetapi hak masyarakat atau komunitas yang mengamalkannya,” ujar Adlan dalam keterangannya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x