Menpan RB Azwar Anas Berbagi Pengalaman Digitalisasi Pelayanan Publik dengan Pejabat Estonia

- 29 Mei 2023, 22:36 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat pemerintah Estonia di ibu kota Tallinn pada Senin 29 Mei 2023 waktu setempat
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat pemerintah Estonia di ibu kota Tallinn pada Senin 29 Mei 2023 waktu setempat /Humas Menpanrb

PRFMNEWS - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat pemerintah Estonia di ibu kota Tallinn pada Senin 29 Mei 2023 waktu setempat.

Pertemuan tersebut dilakukan jelang e-Governance Conference 2023, di mana Indonesia menjadi salah satu negara yang akan memaparkan pelayanan publik berbasis digital. Konferensi internasional itu mengambil tema 'Digital Innovation as Catalyst for Social Change'.

Dalam pertemuan itu, Azwar Anas memaparkan pengembangan digitalisasi yang sedang dilakukan pemerintah Indonesia melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga: Update Nasib Pegawai Honorer, Jokowi Perintahkan MenPAN RB Segera Putuskan Solusi Jalan Tengah

Azwar Anas juga mendengarkan pemaparan praktik digitalisasi yang telah dikerjakan oleh pemerintah Estonia. Estonia adalah salah satu negara dengan digitalisasi pelayanan publik terbaik dunia.

Hari yang padat itu dimulai dengan bertemu Executive Director of e-Governance Academy, Hannes Astok. Lembaga ini menjadi rumah bagi GovTech Estonia. Pertemuan kemudian dilanjutkan bersama CEO of CR14, Siim Alatalu yang menjelaskan praktik keamanan siber modern.

Menteri Anas kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Minister of Economic Affairs and Information Technology, Tiit Riisalo. Anas menyampaikan praktik digitalisasi di Estonia bisa menjadi contoh yang baik, meski tentu kompleksitas yang dihadapi berbeda dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Sarwono Kusumaatmadja Berpulang, Menteri PANRB: Kita Kehilangan Sosok Penuh Integritas

"Saat ini pemerintah Indonesia terus mempercepat integrasi layanan dalam kerangka arsitektur SPBE sesuai arahan Presiden Jokowi. Bapak Presiden menginginkan semua layanan digital terintegrasi, dan tidak membikin ribet warga dengan banyaknya aplikasi dan banyaknya pengisian data berulang,” terang mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x