Umat Muslim di Arab Saudi Diajak untuk Melihat Hilal Ramadhan

- 22 Maret 2023, 08:55 WIB
Ilustrasi Hilal Ramadhan
Ilustrasi Hilal Ramadhan /BMKG


PRFMNEWS - Arab Saudi telah meminta umat Islam untuk melihat bulan sabit (hilal), sebagai tanda bulan suci Ramadhan 1444 H pada Selasa, 21 Maret 2023 waktu setempat.

Bulan sabit menandai awal bulan suci Ramadhan ketika umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam.

Melansir dari Alarabiya, Mahkamah Agung meminta mereka yang melihat bulan sabit, baik dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melaporkan pengamatan mereka.

Baca Juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat Rabu, Pantau Hilal di 124 Titik

Pengamatan hilal (rukyatul hilal) di Arab Saudi bertepatan dengan tanggal 29 Syakban 1444 H. Masyarakat yang melihat bulan sabit baru (hilal) diimbau untuk melaporkan ke otoritas berwenang dan mendaftarkan pengamatan mereka.

Komite penampakan bulan Arab Saudi biasanya mengamati bulan pada hari-hari menjelang tanggal mulai Ramadhan yang diharapkan, tetapi mereka telah mendorong Muslim lain yang ingin melihat bulan, untuk melakukannya juga.

Pengamatan hilal (rukyatul hilal) di Arab Saudi bertepatan dengan tanggal 29 Syakban 1444 H. Masyarakat yang melihat bulan sabit baru (hilal) diimbau melaporkan ke otoritas berwenang.

Baca Juga: Di Hari Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 2023, Kemenag Akan Pantau Hilal di 124 Titik

Selama Ramadhan, umat Islam menahan diri dari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam sebagai bagian dari ritual Islam yang bertujuan untuk mendorong kesabaran, amal, dan komunitas.

Di negara-negara Muslim, karyawan diperbolehkan bekerja dalam hari yang lebih pendek, baik enam jam per hari atau 36 jam per minggu. Siswa juga memiliki jam sekolah yang lebih pendek.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x