Peramal Gempa Turki Sebut Gempa Besar Bakal Guncang Indonesia

- 3 Maret 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PRFMNEWS - Frank Hoogerbeets, seorang seismolog asal Belanda kembali membuat ramalan terkait gempa yang mungkin melanda dunia sebentar lagi. Ramalan ini diungkapkan dalam video yang diunggah di Youtube (SSGEOS), 27 Februari lalu.

Dia kini ia mengatakan dunia dapat dilanda gempa besar lainnya dalam beberapa hari mendatang. Hoogerbeets membuat ramalannya berdasarkan gerakan benda langit.

"Pekan pertama bulan Maret akan menjadi sangat kritis," kata Frank.

Baca Juga: Hukuman Mario Dandy Satriyo Bisa Diperberat karena Gunakan Pelat Nomor Palsu

“Konvergensi geometri planet kritis sekitar 2 dan 5 Maret dapat mengakibatkan aktivitas seismik besar hingga sangat besar, bahkan mungkin gempa dorong besar sekitar 3 dan 4 Maret dan/atau 6 dan 7 Maret,” tangkapnya.

Dalam video itu sendiri, seismolog tersebut mengklaim kekuatan gempa yang diduga akan terjadi "mungkin lebih dari 8 magnitudo (M)".

Ia menuturkan gempa akan sangat besar hingga magnitudonya 8. Ia pun menyebut ada wilayah Indonesia yang kemungkinan berpotensi terkena yakni Sulawesi, Halmahera dan Laut Banda.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Jalan Merdeka Kota Bandung, Mobil Tabrak Pemisah Jalur hingga Terbalik

"Daerah yang terkena dampak dapat membentang ribuan kilometer, dari Semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kuril di Timur Jauh Rusia, sampai ke Filipina ... Sulawesi, Halmahera, mungkin Laut Banda, Indonesia," jelasnya, dikutip PRFMNEWS pada Jumat, 3 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x