Gempa Susulan 6,4M Kembali Melanda Turki, Sedikitnya 3 Orang Tewas dan Ratusan Orang Cedera

- 21 Februari 2023, 08:15 WIB
Orang-orang bereaksi setelah gempa bumi di Antakya di provinsi Hatay, Turki, 20 Februari 2023.
Orang-orang bereaksi setelah gempa bumi di Antakya di provinsi Hatay, Turki, 20 Februari 2023. /Clodagh Kilcoyne/REUTERS

PRFMNEWS - Gempa terjadi lagi di Turki, pada Senin, 20 Februari 2023, kali ini kawasan yang terkena musibah tersebut ada di wilayah perbatasan Turki dan Suriah.

Gempa tersebut hanya berjarak dua minggu setelah daerah itu dihancurkan oleh gempa yang lebih besar yang menewaskan lebih dari 47.000 orang dan merusak atau menghancurkan ratusan ribu rumah.

Lebih dari 680 orang dilaporkan terluka di Turki dan Suriah. Badan bencana dan darurat Turki (AFAD) mengatakan gempa terjadi pada pukul 20:04 waktu setempat, diikuti oleh puluhan gempa susulan.

Baca Juga: Kontroversi Pembangunan Mukaab yang Mirip Ka'bah oleh MBS di Arab Saudi

Gempa tersebut berpusat di dekat kota Antakya di Turki selatan dan dirasakan di Suriah, Mesir, dan Lebanon, dengan kekuatan 6,4 M

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan tiga orang tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka.

Gempa tersebut melanda kota Defne pada pukul 20:04 waktu setempat dan terasa kuat di ibu kota terdekat Hatay, Antakya dan di Adana, 200 km (300 mil) ke utara.

Gempa kedua berkekuatan 5,8 mengguncang wilayah itu beberapa menit kemudian, kata badan manajemen bencana Turki. Itu berpusat di distrik Samandag Hatay.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x