Kontroversi Pembangunan Mukaab yang Mirip Ka'bah oleh MBS di Arab Saudi

- 21 Februari 2023, 08:00 WIB
Denah Pembangunan Mukaab.
Denah Pembangunan Mukaab. /Twitter @PIF_en/

PRFMNEWS - Arab Saudi kembali menjadi sorotan dan membuat geger umat muslim sedunia, hal tersebut karena proyek yang akan direncanakan oleh Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri (PM) Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS).

Sebab pada hari Kamis pekan lalu, ia meluncurkan rencana untuk membangun struktur besar berbentuk kubus sebagai bagian dari proyek pembangunan kembali di ibu kota, pusat kota Riyadh.

Kontroversi tersebut bermula dari persepsi bahwa bangunan raksasa "Mukaab" (atau Kubus) memiliki kemiripan dengan Ka'bah, yang merupakan situs paling suci umat Islam di Kota Suci Mekah. Kedua istilah tersebut juga memiliki akar kata yang sama dalam bahasa Arab.

Baca Juga: Sebelum Hilang di Norwegia, Dosen UII Yogyakarta Jadi Pembicara di Jeddah dan Kirim Pesan Terakhir ke Istri

MBS telah mengumumkan peluncuran New Murabba Development Co. yang akan mengubah pusat kota Riyadh melalui pembangunan pengalaman hidup, bekerja, dan hiburan yang unik.

Proyek Murabba Baru akan dibangun dengan konsep keberlanjutan dengan menampilkan area hijau dan jalur pejalan kaki dan bersepeda yang akan meningkatkan kualitas hidup dengan mempromosikan gaya hidup sehat dan aktivitas masyarakat.

Proyek ini juga akan mencakup museum ikonik, universitas teknologi dan desain, teater imersif multiguna, dan lebih dari 80 tempat hiburan dan budaya.

Pembangunan akan terletak di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh di atas lahan seluas 19 km persegi dan akan menampung ratusan ribu penduduk.

New Murabba juga akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai, 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, 980.000 meter persegi ruang ritel, 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi, dan 1,8 juta meter persegi fasilitas masyarakat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x